beritaterkini. co. id-TABANAN | Angka kunjungan wisatawan ke Tanah Lot, Tabanan, Bali, meningkat dalam tiga hari terakhir. Meningkatnya kunjungan , karena banyaknya wisatawan yang datang meramaikan acara Tanah Lot Art and Food Festival 2024.

“Kunjungan wisatawan asing, domestik maupun masyarakat lokal yang hadir meningkat. Seperti biasanya 4.000 sampai 5.000, tiga hari kunjungan di angka 8.000-10.000 wisatawan,” kata Asisten Manajer DTW Tanah Lot I Putu Toni Wirawan pada hari Minggu (25/8/2024).

Lanjut Toni, Tanah Lot Festival bertujuan untuk memberikan promosi wisata, sekaligus mengembangkan UMKM di daerah untuk peningkatan ekonomi lokal.

“Wisatawan asing dari Eropa dan Australia paling banyak. Mereka datang pas waktu momen Art and Food Festival,” jelasnya.

Acara ini menyuguhkan kesenian hingga kuliner tradisional khas Tabanan. Setidaknya ada 23 Desa Adat di Kecamatan Kediri dan sekitarnya yang berpartisipasi dalam festival ini. Mereka menyuguhkan beraneka jenis kuliner, kesenian dan penampilan lainnya kepada para wisatawan dari tanggal 23-25 Agustus 2024.

“Ada 73 stand dan 23 Desa Adat. Kami bagi per harinya untuk Desa Adat yang tampil,” ungkapnya.

Perputaran uang selama penyelenggaraan acara itu mencapai lebih dari Rp 100 juta per hari. “Ini berdampak baik bagi semua masyarakat Tabanan,” imbuhnya.

“Mudah-mudahan dengan festival tahun ini, kami harapkan ke depan bisa lebih baik dan kami ajak lebih banyak IKM-UKM dan seni budaya yang bisa tampil lebih dalam festival ini,” pungkasnya ( red/kyn)

Artikel Food & Art Festival Ke-5 , Berdampak Besar Tingkatkan Kunjungan Ke DTW Tanah Lot pertama kali tampil pada Berita Terkini.

By admin