beritaterkini.co.id-TABANAN | Danrindam IX/Udayana Kolonel Inf Wirawan Eko P., S.E., M.H., memimpin upacara pembukaan Prodi Pendidikan Kejuruan Tamtama Infanteri Abit Dikmata TNI AD TA 2024 di Lapangan Ciung Wanara Dodiklatpur Rindam IX/Udayana, Minggu, 18 Agustus 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Danrindam membacakan amanat tertulis Danpussenif Letnan Jenderal TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M., yang mengatakan, atas nama Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri mengucapkan selamat datang di Dodiklatpur sebagai Lembaga Pendidikan Ke-Infanterian dan berharap, agar Tamtama Siswa segera menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi yang berlaku di pusat pendidikan ini untuk dapat mengikuti pendidikan dengan sebaik-baiknya.

Infanteri merupakan pasukan tempur darat utama dan sekaligus sebagai pasukan pejalan kaki yang di lengkapi dengan persenjataan ringan, dilatih dan disiapkan untuk melaksanakan pertempuran jarak dekat dengan motto “Cari, Dekati dan Hancurkan”, untuk merebut, menguasai dan mempertahankan medan wilayah darat dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.

Disebutkan, pendidikan kejuruan Tamtama Infanteri merupakan pendidikan lanjutan setalah dilantik menjadi seorang prajurit. Pendidikan yang diikuti oleh 58 siswa ini akan berlangsung selama 1,5 bulan.

Diakhir amanat yang dibacakan Danrindam, Danpussenif menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam berpikir, bersikap dan bertindak dalam setiap tugas yang dihadapi.

“Konsentrasikan hati dan pikiran kalian kepada tugas pendidikan agar seluruh ilmu Pengetahuan dan keterampilan yang diberikan oleh para gumil/pelatih dapat diterima dan diserap dengan baik,” terangnya.

“Pelihara dan jaga kesehatan diri kalian selama mengikuti pendidikan ini sehingga semua proses belajar dan berlatih dapat bejalan dengan baik dan lancar,” tambahnya.

“Taatilah seluruh ketentuan yang berlaku di Lembaga Pendidikan ini dengan berpedoman pada sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI serta utamakan selalu faktor keamanan pada setiap kegiatan,” paparnya.

Setelah upacara selesai, Danrindam memberikan Jam Pimpinan dengan menekankan kepada siswa, agar selalu menjaga kesehatan, mengutamakan faktor keamanan dan mengawali dengan doa sebelum melaksanakan kegiatan.

“Gali ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang diberikan oleh gumil/pelatih sebanyak-banyaknya agar kalian menjadi prajurit jawara pulaki sehingga kalian akan siap untuk ditempatkan dan ditugaskan dimanapun di seluruh wilayah Nusantara,” tutupnya. (kyn).

Artikel Danrindam IX/ Udayana Pimpin Upacara Pembukaan Prodi Pendidikan Kejuruan Tamtama Infanteri Abit Dikmata TNI AD pertama kali tampil pada Berita Terkini.

By admin