beritaterkini. co. id-TABANAN | Dalam rangka mempererat hubungan ,” Sinergi ,” di ulang tahun ke – 65 Kebun Raya Eka Karya Bali,dengan Media baik Media Online, Media cetak, Media elektronik, Sabtu 13 Juli 2024,bertempat di Kebun Raya Eka Karya Bali, awak media laksanakan kegiatan ,” Media Tour ,”

” Media Tour memberikan kesempatan kepada rekan-rekan awak Media mengenal lebih dekat,sekaligus menikmati keindahan alam juga fasilitas yang disediakan pihak Kebun Raya Bali

Beberapa program Media Tour, Interview singkat dengan pengelola, Starting poin tour diarea event,dengan meliputi kelas Edukasi

Sebagaimana kita ketahui Kebun Raya Eka Karya Bali terletak di
Desa Candikuning,
Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan,Bali .
Dengan suhu yang cukup dingin ,Kebun Raya Bali memiliki luas 157,5 hektare,serta memiliki spesifikasi tumbuhan botani terbesar di Indonesia.

” Tour Media” kunjungan diawali dirumah Kaktus, bahwasanya kaktus telah di budidayakan di Indonesia sejak sekitar abad ke-19,dengan bibit yang didatangkan oleh pemerintah Hindia-Belanda .

Demikian halnya dengan tumbuhan kaktus,telah dibudidayakan pada masanya sebagai pakan ternak sapi,terutama pada daerah kantong-kantong peternakan ,dimana pada saat musim kering susah untuk mendapatkan rumput . Pembudidayaan kaktus pada saat ini tidak berfokus pada pekan ternak saja,tetapi sebagai tanaman hias,yang potensial sebagai sumber penghasilan.

Dijelaskan pada masa musim liburan,Kebunraya Bali ramai didatangi oleh para pengunjung.
Adapun pada musim liburan murid sekolah, Kebunraya Bali menjadi edukasi bagi pelajar untuk mengenal lebih luas tentang alam dan tumbuhan ” tumbuhan koleksi ” Kebun Raya

Sementara itu sebagai pusat pengembangan dan penelitian juga edukasi, Kebun Raya memiliki banyak tanaman koleksi,semisal Bunga ,Anggrek,kaktus, dll.

Pemaparan Adelia Septiani M , Marcomm & Corcomm Kebun Raya Bali , bahwasanya kaktus ini tumbuh dihabitat nya di gurun,tentunya kita tau suhu yang sangat berbeda jauh dengan suhu dan cuaca didaerah Bedugul. BRIN berinovasi membangun rumah kaca agar kaktus bisa hidup dan menyesuaikan dengan suhu asalnya , terangnya.

Kembali dijelaskan Kebun Raya Bali juga memiliki koleksi tanaman kaktus yang usianya sudah mencapai 50 tahun,dan menjadi ikon penghuni rumah kaca.
Rumah kaca kaktus terdapat 8 suku,47 marga, dan 1044 spesimen tanaman kaktus dan sukulen .Rumah kaca berfungsi untuk mencegah tanaman kaktus dari kelembaban yang berlebihan.

Kebun Raya juga memiliki koleksi pohon yang saat ini menjadi buruan para pencinta lingkungan,berdiri kokoh pohon ” bunut bolong ” sejenis pohon beringin,yang usia nya sudah mencapai ratusan tahun terang Adelia Septiani.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa pada weekend, atau libur nasional para pengunjung bisa masuk ke area Kebun Raya dengan membawa mobil.
Untuk harga tiket mobil 25,000.
25,500 tiket masuk untuk satu orang,tiket berlaku dewasa dan anak-anak sama,pungka Adelia Septiani.

Bagi para pengunjung tempat yang tidak boleh terlewat kan ialah view Exklusif yang mengarah ke Danau Beratan .
Bagi penggemar swafoto,Fotografer lokasi inilah unggulan Kebun Raya, dan lokasi ini biasa juga kami gunakan untuk show artis Bali ataupun artis Jakarta,tutup Adelia Septiani.

” Tour Media ” sebagai penutup di jamu pihak Kebun Raya Bali dengan menikmati teh hangat dan sajian kuliner di Begonia Restoran.(kyn)

Artikel Ulang Tahun Ke-65 Kebun Raya Bali Menggandeng Awak Media laksanakan Kegiatan Tour Media pertama kali tampil pada Berita Terkini.

By admin