beritaterkini.co.id-TABANAN | Sejumlah pusaka suci berupa tulisan aksara Bali yang berbentuk lontar disucikan dan diupacarai, saat Perayaan Suci Saraswati sebagai pemujaan turunnya ilmu pengetahuan.

Hal tersebut sebagai wujud bakti dan rasa syukur atas anugerah ilmu pengetahuan demi kesejahteraan dan keselamatan umat Hindu di Bali.

Hal tersebut disampaikan Ida Bagus Bajra selaku Budayawan dan Sastrawan Lontar Bali, saat dikonfirmasi awak media di Tabanan, Jumat, 12 Juli 2024.

“Puluhan tulisan aksara Bali diupacarai sebagai salah satu wujud bakti penghormatan kepada Dewi Saraswati, dalam memohon keselamatan dan kesejahteraan melalui sumber pengetahuan berbentuk lontar suci,” terangnya.

Menurutnya, Hari Raya Saraswati diyakini sebagai sebuah momentum, untuk melestarikan eksistensi sastra lokal Bali.

Mengingat, Bali memiliki sejumlah sumber pengetahuan, yang salah satunya berbentuk lontar sebagai warisan leluhur, yang wajib dilestarikan.

Bahkan, Ida Bagus Bajra menegaskan, tak hanya sekedar seremonial saja, namun Perayaan Hari Suci Saraswati harus dijadikan momentum menyadarkan kembali umat, untuk eling terhadap warisan leluhur, yang mesti dijalankan oleh generasi muda milenial.

“Mengingat, mereka menjadi generasi penerus yang cerdas dan teliti hingga mampu menjadi orang bijaksana, dalam mengarungi bahtera kehidupan,” tutupnya. (kyn).

Artikel Hari Raya Sarawati, Pusaka Lontar Disucikan pertama kali tampil pada Berita Terkini.

By admin