beritaterkini.co.id-BULELENG |Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IX/Udayana Ny. Dian Bambang Trisnohadi mengunjungi Makodim 1609/Buleleng di Kelurahan Banjar Jawa, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Kamis, 11 Juli 2024.

Turut mendampingi Kunjungan Kerja Pangdam IX/Udayana adalah Asops Kasdam IX/Udy, Aspers Kasdam IX/Udy, Aster Kasdam IX/Udy dan Ketua Persit KCK Daerah IX/Udayana beserta Pengurus Persit PD IX/Udy serta Persit KCK Cab XXXII Kodim 1609/Buleleng.

Kedatangan Pangdam di Makodim 1609/Buleleng ini merupakan rangkaian kegiatan Kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Buleleng, yang sejak Rabu 10 Juli 2024.

Setibanya di Makodim Pangdam disambut Danrem 163/WSA Dandim 1609/Buleleng, Kapolres Buleleng, Kepala Pengadilan Negeri Singaraja, Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Kajari Buleleng dan Kabankesbangpol Buleleng.

Setelah menerima laporan dari Dandim 1609/Buleleng Letkol Kav Angga Nurdyana, Pangdam menuju ruang transit Makodim 1609/Buleleng untuk bertatap muka dengan Forkopimda Kabupaten Buleleng.

Disebutkan, tatap muka ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara TNI dan pemerintahan daerah, serta meningkatkan sinergi dan komunikasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Buleleng.

Selanjutnya, Pangdam memberikan pengarahan kepada seluruh Prajurit dan Persit Kodim 1609/Buleleng.

Dalam pengarahannya, Pangdam menyampaikan, bahwa visi Indonesia Emas 2045 banyak ahli-ahli ekonomi yang melihat Indonesia sebagai kekuatan ekonomi yang berkembang, pada masa datang.

“Berdasarkan penilaian ahli ekonomi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi, kita terus menanjak sehingga diperkirakan 2045 kita akan masuk 5 besar ekonomi dunia,” terangnya.

“Bagaimana kita bisa mencapai Indonesia Emas ?, Walau banyak tantangan untuk bisa mencapainya kita harus mampu lompat dari negara berkembang menjadi negara maju, untuk itu kita selaku Satuan Komando Kewilayahan dengan tekad yang kuat harus bisa mensukseskan program-program pemerintahan ke depan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Pangdam mengucapkan terima kasih, karena memasuki bulan kelima penugasannya selaku Pangdam seluruh Prajurit dan PNS yang berdislokasi di Kabupaten Buleleng menunjukan dedikasi yang baik dalam melaksanakan tugas.

“Saya sangat senang melaksanakan beberapa kegiatan teritorial dalam rangka ketahan pangan seperti halnya kemarin panen raya cabai dan terong, disana bisa kita lihat bagaimana kehadiran Kodim 1609/Buleleng di Kabupaten Buleleng yang bisa memanfaatkan tanah ataupun lahan yang marginal menjadi lahan yang produktif melalui koordinasi dengan Pemda dan menjalin kemitraan bersama Kelompok Tani Sudamala,” ujarnya.

Pangdam menyampaikan, bahwa Bupati sangat mengapresiasi ketahanan pangan program dari Kodim Buleleng yang sangat positif karena cabai merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi di Bali, akibat stok atau pasokannya yang tidak stabil, sehingga harganya juga tidak stabil.

“Dengan adanya lahan-lahan tidur dapat kita manfaatkan untuk menstabilkan harga cabai khususnya di Kabupaten Buleleng. Bapak Bupati juga minta agar Kodim Buleleng mencari lagi lahan-lahan marginal yang lainnya kiranya bisa kita manfaatkan untuk digali sehingga bisa meningkatkan ketahan pangan,” paparnya.

Lebih lanjut, Pangdam juga mengapresiasi program unggulan ketahanan pangan Kodim 1609/Buleleng seperti Keramba Tancap Laut.

“Walaupun ini merupakan pilot project baru tapi suatu terobosan yang luar biasa. Hasil kerja sama personel Kodim Buleleng dengan Pemerintah Daerah setempat dan juga dunia usaha Putra Bahari mampu menghasilkan ikan bandeng premiun yang citarasanya beda dan nilai gizinya juga sangat tinggi,” pungkasnya.

Mengakhiri pengarahannya, Pangdam menekankan masalah pentingnya untuk menjaga kesehatan. Pangdam mendapat laporan karena masih banyak personel yang mengalami sakit menahun.

Pangdam menggugah seluruh Prajurit beserta keluarganya agar tetap sayangi kesehatan diri kita sendiri, melalui pemeriksaan yang teratur, wajib berolahraga seminggu tiga kali dan mengatur pola makan sehat serta kendalikan berat badan.

Kunjungan Pangdam IX/Udayana di Kodim 1609/Buleleng diakhiri dengan penulisan kesan dan pesan, penyerahan cinderamata dan foto bersama. (red/kyn).

Artikel Pangdam Bangga Program Unggulan Kodim Buleleng Sukses pertama kali tampil pada Berita Terkini.

By admin