JPNN.com, DEPOK – Alia Hospital Depok meluncurkan layanan USG Liver Scan yang dilengkapi dengan teknologi canggih UDFF (Ultrasound Derived Fat Fraction) dari USG Sequoia.

Direktur Rumah Sakit Alia Hospital Depok Dwi Satrio, mengatakan peran alat ini sangat penting untuk pasien mendeteksi dini penyakit Fatty Liver/perlemakan hati, agar tidak berlanjut ke tahapan yang makin serius.

“Masyarakat banyak tidak mengetahui bahwa mereka mengalami perlemakan hati, karena pada kondisi awal sering tidak bergejala. Pada saat perlemakan hati diketahui lebih awal, dokter dapat melakukan intervensi untuk mencegah penyakit itu makin berkembang menjadi fibrosis, sirosis hepatis, atau bahkan sampai ke yang lebih berat gagal hati,” kata Dwi dalam siaran persnya, Jumat (5/7).

Dwi menjelaskan dengan sudah terdeteksinya penyakit dari awal, maka penanganan bisa lebih efektif dan tepat sasaran. Intervensi dapat dilakukan diawali dengan perubahan pola hidup pasien sampai pemberian obat.

“Dengan teknologi USG Sequoia UDFF (Ultrasound Derived Fat Fraction) yang mutakhir, kami dapat memberikan diagnosa yang lebih akurat dan cepat, sehingga intervensi dapat segera dilakukan dengan cepat & tepat,” kata dia.

Sementara Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastro Entero Hepatologi, dr. Mario Budi P Tambunan, mengatakan layanan ini juga bisa mendeteksi sejumlah penyakit hati pada pasien obesitas hingga orang yang sudah kecanduan alkohol.

By admin