Palembang, beritaterkini.co.id -SMA Negeri 16 Palembang terus berbenah dan meningkatkan fasilitas sekolah. Terbukti saat ini SMA Negeri 16 Palembang telah menambah infrastruktur dengan mengaspal halaman sekolah melalui bantuan PU Provinsi Sumsel.

Kepala Sekolah SMA Negeri 16 Palembang, Dra. Hj. Ema Nurnisya Putri, M.M. mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada PU Provinsi Sumsel atas bantuannya untuk mengaspal halaman SMAN 16 Palembang.

“Setelah halaman ini diaspal, maka halaman jadi lebih tinggi. Jadi kalau hujan, halaman tidak becek,” ujarnya.

Lebih lanjut Ema menuturkan, pihaknya akan terus berkomitmen untuk menambah sarana dan prasarana sekolah.

“Kita bekerja dengan semaksimal mungkin agar sekolah terus bertambah fasilitas serta sarana dan prasarana. Siswa jadi semakin nyaman di sekolah,” tandasnya.

Sementara itu, saat ditanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri 16 Palembang kini tengah berlangsung dengan berbagai jalur penerimaan yang dirancang untuk menjaring calon siswa terbaik dari berbagai latar belakang.

Tri Oktavianto SPd, selaku panitia PPDB, menjelaskan ketentuan yang berlaku untuk jalur prestasi, zonasi, dan afirmasi pada tahun ini.

Jumlah pendaftar PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) di SMAN 16 Palembang tahun 2024 per 23 Mei 2024 pukul 11.36 WIB adalah sebagai berikut : Jalur Afirmasi: 81 peserta, Jalur Mutasi: 3 peserta, jalur Zonasi: 947 peserta dan Jalur Prestasi: 91 peserta
Pada jalur prestasi, calon siswa bisa mendaftar melalui dua kategori: akademik dan non-akademik. Untuk kategori akademik, siswa yang memiliki peringkat kelas dari juara 1 hingga 10 berhak mendaftar.

Sedangkan kategori non-akademik mencakup berbagai prestasi di bidang hafalan Al-Quran, olahraga, dan seni. Prestasi ini dihitung berdasarkan tingkat pencapaiannya, mulai dari tingkat internasional, nasional, provinsi, hingga kota.

Tri Oktavianto menambahkan bahwa setiap jenis prestasi non-akademik memiliki poin tersendiri. Misalnya, prestasi di tingkat internasional akan mendapatkan poin tertinggi, diikuti oleh prestasi tingkat nasional, provinsi, dan kota.

Dengan sistem poin ini, diharapkan para siswa yang mendaftar melalui jalur prestasi dapat lebih mudah diverifikasi dan diterima sesuai dengan keunggulan mereka.

Sementara itu, jalur zonasi di SMA Negeri 16 Palembang telah menetapkan jarak terjauh bagi calon siswa yakni 1.200 meter dari sekolah. Jarak ini ditetapkan berdasarkan hasil validasi sementara dan mempertimbangkan berbagai kondisi. Beberapa siswa juga memilih untuk memverifikasi pilihan sekolah mereka di tempat lain sebagai bagian dari strategi zonasi yang lebih luas.

Jalur afirmasi, yang disediakan untuk calon siswa dari keluarga kurang mampu, memiliki kuota sebesar 15%. Kuota ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan para siswa yang memenuhi persyaratan khusus seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Program Indonesia Pintar (PIP), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Fauzan Abdurrahman, seorang siswa dari SMP Izzatuna, adalah salah satu pendaftar yang menonjol pada PPDB tahun ini. Fauzan masuk melalui jalur prestasi berkat pencapaiannya sebagai juara kelas dan hafalan 10 juz tahfiz Al-Quran yang ia pelajari secara mandiri. Prestasi ini menunjukkan dedikasi dan kemampuan akademik serta spiritual Fauzan yang luar biasa.

SMA Negeri 16 Palembang berharap dapat menjaring siswa-siswa berkualitas melalui ketiga jalur ini.
“Kami ingin memberikan kesempatan yang adil dan merata bagi semua calon siswa, baik mereka yang berprestasi secara akademik maupun non-akademik, serta yang berasal dari keluarga kurang mampu,” ujar Tri Oktavianto.

Proses PPDB di SMA Negeri 16 Palembang juga mencakup tahap verifikasi data untuk memastikan keabsahan dokumen yang diserahkan oleh calon siswa.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kecurangan dan memastikan bahwa semua calon siswa yang diterima benar-benar memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Tri Oktavianto juga mengingatkan para calon siswa dan orang tua untuk mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan dengan lengkap dan tepat waktu.

“Kami berharap semua proses dapat berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” tambahnya.

Dengan ketentuan yang jelas dan sistem yang transparan, diharapkan PPDB SMA Negeri 16 Palembang tahun ini dapat berlangsung dengan baik, menciptakan lingkungan belajar yang optimal bagi para siswa baru. (**)

Artikel SMA Negeri 16 Palembang Terus Tingkatkan Fasilitas, Saat Ini Lakukan Pengaspalan Halaman Sekolah pertama kali tampil pada Berita Terkini.

By admin