Denpasar, beritaterkini.co.id | Komunitas Perkumpulan Wartawan Bali (Perwali) melaksanakan kegiatan pelatihan dasar jurnalistik di Rama’s House of Noodles, Jalan Jaya Giri III Renon, Denpasar, Senin, (27/11/23).

Pelatihan dasar kejurnalistikan tersebut, untuk meningkatkan kemampuan dasar dan pemahaman terkait kode etik jurnalistik serta hukum pers yang terkandung didalamnya.

Dua pemateri dalam kegiatan pelatihan dasar tersebut, Pimpinan Redaksi (Pimred) media barometerbali.com I Gusti Ngurah Dibia dan Nyoman Ady Irawan dari media Wacanabali.com.

I Gusti Ngurah Dibia, mengatakan bahwa terkait kode etik bagi wartawan diantaranya, pengertian berita, berita sebagai karya jurnalistik, nilai berita dan unsur berita 5W+1H.

Sementara itu pemateri kedua, Nyoman Ady Irawan menyampaikan materi tentang, teknik reportase, bahasa jurnalistik, struktur berita dan menulis berita.

Dikatakan I Gusti Ngurah Dibya,” terkait hukum pers dan kode etik jurnalistik 11 pasal yang terkandung diantaranya, bersikap independen, profesional, melaksanakan kegiatan jurnalistik, uji informasi, uji kebenaran, membuat berita akurat dan berimbang, tidak mencampurkan fakta dan opini, menghakimi dan terapkan asas praduga tidak bersalah, katanya.

Selain hal tersebut wartawan mempunyai hak untuk melindungi nara sumber terkait identitas, keberadaanya, dan aturan lain yang tertuang di dalam peraturan undang-undang pers.

Sementara itu pemateri kedua yang disampaikan oleh Nyoman Ady Irawan, dijelaskan mengenai teknik dalam menulis berita ” wartawan harus memenuhi unsur 5W+1H yang ada di dalam berita, siapa, apa, dimana, kapan, kenapa dan bagaimana itu harus jelas” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Nyoman Ady Irawan, nilai berita, faktual atau fakta, aktual atau peristiwa, kejadian yang terjadi dan yang obyektif disesuaikan dengan keadaan atau situasi yang terjadi tanpa dipengaruhi opini secara pribadi.

Selanjutnya dalam kegiatan pelatihan tersebut, kedua pemateri melakukan tanya jawab secara langsung dengan peserta, terkait cara membuat judul berita, topik dan unsur berita.

Disela sela waktu, Ketua Persatuan Wartawan Bali Rosa Hakim menjelaskan,” kegiatan pelatihan ini kembali akan diselenggarakan dengan sajian materi yang berbeda di lain waktu dan tempat berbeda,” pungkasnya. (Red)

Artikel Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik Angkatan Ke-1, Komunitas Perwali Bali Hadirkan 2 Pemateri pertama kali tampil pada Berita Terkini.

By admin