JawaPos.com – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, pemerintah terus berupaya mengejar target pemenuhan pelayanan kesehatan secara inklusif dan merata di seluruh wilayah Indonesia. Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah menggandeng beberapa pihak swasta dan organisasi masyarakat sipil.

Hal itu disampaikan Muhadjir saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Islam (RSI) Muhammadiyah 2 Kendal, di Desa Pagersari, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal.

“Insya Allah dengan peresmian ini, pelayanan kesehatan masyarakat Kendal dan sekitarnya kedepan bisa semakin terpenuhi dengan baik,” ujar Muhadjir.

Muhadjir mengatakan, salah satu upaya untuk memenuhi pelayanan kesehatan universal yakni dengan dibangunnya RSI Muhammadiyah 2 Kendal. Pembangunan ini merupakan wujud pemenuhan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan.

“Contohnya Muhammadiyah ini, yang ikut berpartisipasi untuk memberikan pelayanan kesehatan, karena organisasi sosial keagamaan pun diharapkan untuk semakin berpartisipasi memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hal ini juga dalam rangka pemerataan kesehatan di wilayah daerah,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu, Muhadjir turut didampingi oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kendal KH Ikhsan Intizam beserta jajaran pengurus PDM, Direktur RSI Muhammadiyah Kendal, Rohadi, beserta jajaran RSI Muhammadiyah Kendal.

By admin