JawaPos.com – Seorang ibu muda berinisial SKD, 26, nekat mencuri handphone milik tetangganya sendiri di Jalan Perintis, Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat. Hal itu dilakukan lantaran dirinya mengaku tak punya uang untuk membeli susu untuk anaknya.

Menurut Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar, SKD melakukan aksinya tak hanya sendiri, melainkan bersama dengan kekasihnya berinisial MF. Selain itu, aksi ini dilakukannya sudah dua kali.

“Pelaku melakukan pencurian sudah 2 kali atas desakan ekonomi karena memiliki 3 orang anak dan tidak sanggup untuk membeli susu,” ujar Syafri kepada wartawan, Kamis (30/3).

“Untuk kasus ini, kami melakukan upaya Restorative Justice karena faktor kemanusiaan dan korban bersedia memaafkan atas kekhilafan pelaku,” imbuhnya.

Mulanya, Syafri menuturkan bahwa kasus ini terungkap oleh Polisi RW Polsek Kalideres Bripka Ujung Prasetya yang menerima laporan dari warga binaannya.

“Setelah menerima informasi dari korban, didapati dari ciri-ciri pelaku yang tak lain merupakan tetangga korban,” ucapnya.

“Dua pelaku berhasil kami amankan saat mereka hendak menjual barang curian berupa handphone tersebut ke sebuah konter,” sambung Syafri.

Setelah berhasil diamankan, ia mengaku langsung mempertemukan pelaku dan korban. Mendengar keterangan pelaku, korban merasa iba dan bersedia memaafkan atas perbuatan pelaku.

“Dengan adanya kesepakatan tersebut, kemudian kami lakukan upaya Restorative Justice atau keadilan restorative dengan antara pelaku dan korban membuat surat pernyataan,” pungkasnya.

By admin