JawaPos.com – Februari lalu, untuk mengisi segmen smartphone premium kelas atas, Samsung merilis S-series teranyarnya yakni Galaxy S23 Series 5G. Ketiga smartphone yang dirilis Samsung mencakup Galaxy S23 5G, S23+ 5G, dan S23 Ultra 5G.

Perangkat tersebut pun hadir dengan sejumlah pembaruan. Untuk yang gemar fotografi dan kreasi konten berkualitas kelas atas, Samsung Galaxy S23 Series 5G hadir menawarkan salah satunya di sektor fotografi.

Samsung Galaxy S23 Ultra, misal, varian tertinggi dari Galaxy S23 series ini datang sebagai smartphone pertama dengan kamera 200 MP. Kamera 200 MP ini menjadi unggulan di ponsel tersebut dan diklaim punya banyak kebolehan.

Fitur unik lainnya yang hadir di Samsung Galaxy S23 Series 5G untuk bikin konten yang unik dan menjadi unggulan smartphone ini adalah berkat hadirnya Expert RAW. Fitur Expert RAW sendiri merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengatur kamera smartphone layaknya kamera profesional.

Kenapa, ini karena fitur tersebut menawarkan pengaturan shutter speed, ISO, titik fokus, dan white balance (warna/temperatur gambar yang diambil). Pengaturan yang ditawarkan ini sama seperti konsep fotografi dasar yang bernama exposure triangle (segitiga exposure).

Sebagai gambaran, ketika memotret gambar statis, pengguna bisa mengatur shutter speed kamera. Atau jika ingin foto langit di saat siang hari, pengguna bisa mengatur ISO dan shutter speed secara bersamaan.

Berikut tips lainnya untuk memaksimalkan kamera smartphone Samsung Galaxy S23 Series 5G untuk membuat konten yang epic:

Foto Malam Hari dengan Fitur Astrophoto
Selain memaksimalkan hasil foto dengan Expert RAW, di Samsung Galaxy S23 Series 5G pengguna juga dimungkinkan untuk membuat konten jadi makin unik dengan fitur lainnya yakni Astrophoto. Istilah astrophoto sendiri belakangan jadi viral di media sosial.

Astrophoto adalah istilah yang mengacu pada fotografi astronomi. Yakni, praktik mengambil gambar benda-benda di langit seperti planet, bintang, galaksi, nebula, dan objek langit lainnya.

Kalau dulu para fotografer astronomi menggunakan teleskop dan kamera khusus yang dirancang untuk menangkap citra yang sangat terperinci dari objek-objek ini, sekarang beda lagi. Dengan kemajuan teknologi di smartphone, kini astrophotography bisa dilakukan lewat kamera HP.

Mode “Astrophoto” sendiri melengkapi fitur Expert RAW di Galaxy S23 Series 5G untuk memotret benda langit seperti bintang. Dan kedua AstroHyperlapse yang fungsinya untuk merekam jejak bintang di langit.

Pengguna Samsung Galaxy S23 Series 5G dapat dengan mudah menggunakan Astrophoto dengan memilih menu Expert RAW. Kemudian, arahkan kamera ke langit dan selanjutnya akan melihat ikon seperti rasi bintang (Astrophography).

Kalau sudah tinggal di klik. Untuk durasi pemotretan antara 4 menit-10 menit. Pengguna juga bisa mengatur jenis kamera, fokus, hingga bukaan atau shutter speed-nya.

Namun perlu dicatat, karena mode Astrophoto ada di fitur Expert RAW, sebelum menggunakan mode Astrophoto, pengguna harus mengunduh dulu fitur Expert RAW. Setelah diunduh, pengguna bisa mengeklik fitur “RAW Expert”.

Lalu, klik “Settings” di pojok kiri atas, pastikan opsi “Save pictures in RAW format” dan toggle “on” pada opsi “Special photo opstions”. Dengan begitu, pengguna bisa memotret bintang dengan Astrophoto.

Di menu yang sama, pengguna juga bisa mengatur pratinjau langit saat memotret bintang. Ada opsi “Hide Sky” untuk tidak menampilkan pratinjau langit di kamera. Ada pula opsi “Show Sky” untuk menampilkan pratinjau langit di kamera.

Istimewanya, pratinjau langit di kamera itu turut menampilkan planet dan konstelasi bintang yang sedang di bidik oleh kamera. Sebelum memotret bintang, pengguna juga bisa memilih jenis kamera yang ingin digunakan hingga angka fokus dan Exposure Value (EV).

Sempurna dengan Multi Exposure
Fitur selanjutnya yang memungkinkan kamu untuk bikin konten menarik dengan Galaxy S23 Series 5G adalah kamu dapat menggunakan Multi-Exposure pada aplikasi Expert Raw. Kamu dapat mengunduh aplikasi Expert Raw di Galaxy Store.

Jika sudah, buka menu Pengaturan di kiri atas Expert RAW dan klik Foto Khusus. Kamu perlu mengaktifkan ikon Multi-Exposure setelah itu untuk mengakses mode Multi-Exposure. Kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur menggunakan ikon Multi-Exposure di bagian atas layar.

Untuk dapat mengubah pengaturan Multi-Exposure bisa dengan memilih ‘V’ di ikon pengaturan bagian atas jika fitur Multi-Exposure diaktifkan. Fitur Multi-Exposure menyediakan dua opsi rana (Manual/Continues) dan empat opsi untuk memadukan gambar (Tambah/Rata-Rata/Terang/Gelap) dalam pengaturan fotografi. Ini juga mendukung pengambilan dua hingga sembilan bidikan eksposur.

Seperti sudah disinggung di atas, untuk opsi rana memiliki rana Manual dan Continues. Opsi Continues atau berkelanjutan memungkinkan kamu mengklik gambar satu per satu pada interval tetap, dan manual mengharuskan kamu menekan tombol rana untuk mengklik. Opsi manual menunjukkan semua hasil yang tumpang tindih di layar pratinjau untuk fotografi yang hati-hati namun mudah.

Editing Pakai Galaxy S23 Series 5G
Jika dua fitur dan mode diatas sudah kamu pakai untuk membuat konten yang unik, langkah terakhir yang bisa dilakukan biar konten makin ciamik adalah smartphone Samsung Galaxy S23 Series 5G juga mungkin melakukan editing dengan sangat mudah berkat Adobe Lightroom yang terintegrasi dengan Expert RAW.

Lightroom akan menjadi “editor foto default eksklusif” untuk foto RAW yang diambil dengan aplikasi Expert RAW. Jadi, untuk memanfaatkan sepenuhnya kamera Galaxy S23, kamu bisa menggunakan Adobe Lightroom.

Aplikasi ini pada dasarnya memungkinkan Anda mengambil foto RAW dari kamera asli ponsel. Dan aplikasi dapat menghasilkan banyak format file yang berbeda, termasuk JPG. Anda bisa mendapatkan aplikasi Expert RAW langsung dari Galaxy Store.

Setelah itu, kamu dapat menggunakan file-file itu di aplikasi Lightroom untuk mengedit hasil jepretan dengan halus. Secara khusus, Adobe Lightroom tertanam ke dalam Expert RAW bukan menjadi aplikasi terpisah.

Menariknya, pengguna bisa mendapatkan hasil foto yang semakin epic lagi berkat editing tools yang lengkap di dalam aplikasi Samsung Gallery. Hal ini pun dirasakan Anton Suseno yang merasa sangat terbantu dengan kemampuan Samsung Gallery dalam menghadirkan pengalaman photo editing yang seamless dan hassle-free.

Ada tiga fungsi photo editing dari Samsung Gallery yang bisa dipakai untuk touch up hasil foto agar tampil lebih epic tapi tetap natural, yaitu:
– Object Eraser untuk menghapus orang, objek, hingga bayangan yang tak diinginkan di dalam frame.
– My Filter untuk membuat filter yang lebih personalized menggunakan foto lain yang ada di dalam Samsung Gallery atau gambar yang ditemukan di internet
– Mengubah tone warna pada foto dengan mengatur hue, saturation, dan luminance dari gambar

Bagaimana? Tertarik meminang Samsung Galaxy S23 Series 5G? Galaxy S23 Series 5G kini sudah tersedia di toko daring dan gerai retail. Konsumen bisa experience langsung kamera epic Galaxy S23 Series 5G untuk foto malam hari yang lebih epic dengan mengunjungi rangkaian acara consumer launch, di mana event terakhir berlangsung di Sun Plaza Medan pada 29 Maret – 2 April.

Konsumen pun bisa menikmati berbagai penawaran khusus yang hanya tersedia dalam rangkaian acara consumer launch. Selama consumer launch, konsumen bisa menikmati penawaran eksklusif senilai total hingga Rp 4.100.000 di setiap pembelian Galaxy S23 Series 5G.

Keuntungan ini terdiri dari cashback hingga Rp2.000.000 untuk pembelian secara Trade-In dan Purchase with Purchase (dengan aksesori dan wearable Galaxy), dan cashback dari mitra bank hingga Rp750.000.

Dapatkan juga fasilitas perlindungan smartphone Samsung Care+ selama 6 bulan senilai Rp899.000 dan free casing senilai Rp499.000. Konsumen yang beruntung juga akan mendapatkan special gift hasil kolaborasi Samsung dengan VARYAN dan Exacoat berbahan ramah lingkungan dengan persediaan terbatas.

Konsumen bisa memiliki Galaxy S23 Ultra 5G dengan harga Rp19.999.000 (12GB/256GB), Rp21.999.000 (12GB/512GB), dan Rp25.999.000 (12GB/1TB). Galaxy S23+ 5G hadir dengan harga Rp15.999.000 (8GB/256 GB) dan Rp17.999.000 (8GB/512GB). Galaxy S23 5G tersedia dengan harga Rp12.999.000 (8GB/128GB) dan Rp13.999.000 (8GB/256GB).

By admin