JawaPos.com – Kabar terbaru bagi penyuka mobil sedan sport, PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan sedan berperforma tinggi Civic Type R 2023 di Tanah Air. Tampilannya jelas sangat sporty, hal baru terlihat pada bagian belakang yang sekarang menggunakan tail light LED horizontal menyambung dari kiri hingga ke kanan.

Sementara pada rodanya menggunakan velg dengan desain baru berbahan alloy ukuran 19 inci yang dipasangkan dengan ban Michelin Pilot Sport 4S berprofil 265/30 R19. Mobil sedan sport empat pintu ini sekaligus menjadi bukti bahwa Honda konsisten menjadi salah satu merek di Tanah Air yang melahirkan produk jawara sirkuit.

“Hari ini kami dengan bangga mempersembahkan untuk pertama kalinya di Indonesia. Versi tercepat dan terkuat yang pernah ada, Tha All New Honda Civic Type R,” ujar Kotaro Shimizu Presiden Direktur Honda Prospect Motor (HPM), di Jakarta, Kamis (30/3).

Civic adalah model pertama Honda yang memakai emblem merah Type R sejak 1997. Sejak saat itu pengembangan terus dilakukan dan model generasi keenam ini diklaim sebagai versi terbaik.

Generasi kelima Civic Type R sempat memecahkan rekor sebagai mobil Front Wheel Drive (FWD) di dua sirkuit dunia, yaitu di Nurburgring (Jerman) pada 2017 dan Suzuka (Jepang) pada 2020.

All New Honda Civic Type R menjadi model Civic tercepat yang pernah dibuat Honda. Generasi terbaru dari All New Honda Civic Type R pertama kali diluncurkan di Jepang pada September 2022 dan mendapat sambutan antusias dari para penggemarnya di seluruh dunia.

Dibekali mesin 2.0 Liter VTEC Turbo yang menggelontorkan tenaga maksimal 319 PS, meningkat 9 PS dibandingkan generasi sebelumnya, dan torsi maksimum 420 Nm, meningkat 20 Nm dibandingkan generasi sebelumnya.

Honda Civic Type R 2023 dijual lebih mahal dibanding model sebelumnya, meskipun begitu konsumen yang berminat dengan mobil ini harus rela menunggu alias inden. Hingga saat mobil ini diluncurkan dalam catatan HPM sudah ada 95 orang yang mengantri.

”Alokasi mobil ini memang terbatas, namun yang mengiinginkan banyak. Peluncuran saat ini kita baru mendapatkan 15 unit yang langsung diimpor utuh (CBU) dari Jepang,” ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy.

Billy menambahkan peminat Honda Civic Type R 2023 sangat besar dan memang memiliki fans yang sangat loyal dan mempunyai kebanggaan untuk memiliki mobil ini. Meskipun HPM mendapat 15 unit All New Civic Type R namun saat acara peluncuran di Raffles Hotel, Jakarta, yang diserahkan kepada konsumen baru 10 mobil.

Bicara harga All New Civic Type R yang meraih beberapa penghargaan bergengsi diantaranya Car of the Year Japan, Best Car to Buy dari Motor Authority, Majalah Top Gear sebagai Hot Hatch of the Year, dan penghargaan tertinggi sebagai Car of The Year dibanderol Rp1.399.000.000, lebih mahal dari versi sebelumnya.

“Kami terus berkomunikasi dengan principle untuk pasokan ke Indonesia dan kami berusaha secepatnya mengirimkan unit-unit berikutnya untuk memenuhi permintaan konsumen,” ujar Billy.

Keterbatasan alokasi disebabkan dengan beberapa sparepart yang masih mengalami krisis diantaranya semi konduktor untuk produksi. Menurut Billy di bulan Mei dan Juni masing masing mendapatkan kuota 10 unit sedangkan Juli sedikit diatas 10 unit.

“Peminat mobil ini banyak tapi produksinya terbatas. Konsumen ingin memesan bisa langsung berkomunikasi dengan diler kami terkait untuk mendapatkan unit,” pungkas Billy.

By admin