JawaPos.com – Hasil seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) telah diumumkan Selasa (28/3). Calon mahasiswa baru (camaba) yang lolos SNBP diwajibkan untuk melakukan daftar ulang. Sebab, akan ada sanksi blacklist bagi siswa maupun sekolah.

Rektor Universitas Airlangga (Unair) Mohammad Nasih mengatakan, total peminat masuk Unair tahun ini mencapai 20.735 siswa. Namun, yang berhasil masuk melalui SNBP hanya 1.835 siswa.

Artinya, ada lebih dari 19 ribu siswa yang harus berjuang kembali melalui tahapan seleksi selanjutnya. Yakni, jalur seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT).

’’Daya tampung jalur SNBP di Unair sebenarnya 1.760 siswa. Namun, ada tambahan 4 persen dari kuota awal di SNBP. Mereka adalah siswa yang lolos seleksi jalur golden ticket,” katanya kepada Jawa Pos saat konferensi pers di Gedung Rektorat Unair kemarin.

Nasih menuturkan, tahun ini Unair juga memecahkan rekor peserta yang diterima dari status kartu Indonesia pintar (KIP) kuliah. Tahun lalu peserta KIP kuliah yang diterima SNBP hanya 300-an siswa.

Tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 507 peserta KIP kuliah yang diterima SNBP di Unair. ’’Artinya, 27,63 persen dari total camaba yang diterima adalah dari peserta KIP kuliah,” ujarnya.

Setelah hasil SNBP diumumkan, lanjut dia, tahapan terpenting selanjutnya adalah siswa yang lolos harus segera mendaftar ulang melalui website resmi Unair. Yakni, www.unair.ac.id. Registrasi dan daftar ulang dapat dilakukan mulai 30 Maret hingga 5 April.

”Mekanisme daftar ulang bisa langsung atau secara online. Dan, ini syarat wajib untuk menjadi mahasiswa Unair,” ujarnya.

Nasih menegaskan, camaba yang tidak daftar ulang akan diblok kepesertaannya selama dua tahun sehingga tidak bisa ikut seleksi nasional. Selain itu, sekolah asal siswa yang tidak daftar ulang juga akan mendapat catatan hitam dari Unair dengan mengurangi alokasi sekolah.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Unggul Wasiwitono mengatakan, total siswa yang lolos SNBP di ITS mencapai 1.331 camaba. Jumlah peminatnya 11.994 siswa.

Sementara itu, Universitas Negeri Surabaya menjadi kampus kedua yang menerima mahasiswa terbanyak melalui jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP). Unesa menerima 5.254 calon mahasiswa baru dari 34.527 pendaftar.

Kepala Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa Sukarmin mengatakan bahwa minat calon mahasiswa baru terhadap Unesa terus meningkat tiap tahun. Jumlah pendaftar tahun ini pada jalur SNBP mengalami kenaikan 5.431 siswa dari tahun 2022. Sukarmin menyebutkan, prodi manajemen, psikologi, dan akuntansi menjadi prodi dengan keketatan paling tinggi dalam SNBP Unesa.

MENGAPA HARUS DAFTAR ULANG SNBP?

– Sebagai salah satu prosedur administrasi yang wajib dilakukan camaba ketika dinyatakan lolos seleksi untuk memperoleh status terdaftar sebagai mahasiswa di PTN.

– Untuk memperoleh hak dan izin mengikuti kegiatan perkuliahan di prodi yang dipilih.

– Kebijakan daftar ulang diatur oleh masing-masing PTN. Informasi terkait jadwal daftar ulang bisa dilihat di website PTN masing-masing.

– Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan sebelum daftar ulang.

– Jika tidak daftar ulang, siswa akan diblok kepesertaan untuk mengikuti seleksi nasional PTN selama dua tahun.

– Selain itu, akan berdampak pada sekolah asal siswa ketika tidak daftar ulang. Salah satunya, alokasi diterima di PTN tersebut berkurang.

 

By admin