JawaPos.com – Kantor Regional BRI Surabaya kembali berinisiatif melakukan aksi donor darah pada Selasa (21/3/2023). Aksi sosial ini dilakukan untuk memastikan kesehatan pegawai dan memperbanyak stok darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI).

Sama seperti kegiatan sebelumnya, aksi donor darah digelar Regional Office BRI Surabaya. Selain pegawai BRI, para pendonor juga melibatkan karyawan yang bekerja di anak perusahaan BUMN tersebut.

Kepala Regional Chief Executive Officer (CEO) Surabaya Setiyarta mengatakan, donor darah kali ini juga kembali dilakukan bersama sejumlah tenant di Gedung Plaza BRI. “Ini untuk membantu masyarakat dan memastikan kesehatan pekerja. Juga untuk membantu menambah stok darah di PMI,” kata Setiyarta.

Peserta yang bisa mengikuti disyaratkan sehat, berusia 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg, istirahat cukup minimal 5 jam sebelum donor, serta tekanan darah, denyut nadi, kadar hemoglobin cukup.

Sebelum melakukan donor darah, para peserta melakukan screening terlebih dahulu. Selain suhu, mereka juga menjalani pemeriksaan tekanan darah.

Sebagaimana diketahui, sejumlah manfaat dapat dirasakan bagi yang biasa melakukan donor darah, seperti menurunkan resiko penyakit jantung, karena zat besi berlebihan di dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Dapat membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah.

Donor darah merupakan langkah ampuh dalam menjalani program diet. Karena dengan memberikan +/- 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori sekitar 650 kalori. Jumlah kalori ini cukup untuk mengurangi lingkar pinggang.

By admin