JawaPos.com – Saat ini kunci kendaraan telah berkembang jauh melampaui kunci tradisional. Metode kontemporer termasuk induksi, NFC atau Near Field Communication, dan remote control aplikasi ponsel telah banyak hadir di mobil-mobil modern.

Baru-baru ini, BYD – pabrikan otomotif Tiongkok – telah diberikan paten yang meningkatkan keamanan kendaraan dengan menggunakan teknologi pengenalan vena biometrik. Teknologi pengenalan vena BYD memperluas jangkauan bio-keamanan dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Menurut APP Qichacha, aplikasi paten BYD untuk perangkat dan kendaraan pengenal pembuluh darah telah disahkan. Perangkat ini terdiri dari tiga komponen penting yakni modul akuisisi inframerah, modul pengenalan vena, dan modul daya.

Modul akuisisi inframerah menangkap gambar vena di punggung tangan pengguna. Kemudian modul identifikasi vena terhubung ke modul akuisisi inframerah, komponen ini mengidentifikasi karakteristik pembuluh darah setelah menerima gambar vena. Setelah memastikan bahwa pola vena diotorisasi, ini akan memicu perintah kontrol pintu. Sedangkan modul catu daya terhubung ke modul akuisisi inframerah dan identifikasi vena, elemen ini memberikan daya ke dua modul lainnya.

Perangkat pengenal vena kemudian berfungsi dengan mengidentifikasi pembuluh darah di punggung tangan pengguna, secara signifikan mendiversifikasi jenis bio-key yang tersedia dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Diketahui, sebagian besar model BYD saat ini menggunakan fitur kunci kendaraan berbasis NFC. Dengan teknologi kunci mobil NFC yang kompatibel dengan sebagian besar model ponsel Android, BYD menjadi salah satu pabrikan mobil paling inovatif saat ini.

Teknologi NFC sendiri memungkinkan untuk membuka kunci pintu dengan adanya kunci Bluetooth, mengkompensasi potensi keterbatasan. Namun, beberapa pemilik mobil BYD telah menyatakan keprihatinan tentang metode NFC yang tidak praktis, karena memerlukan penempatan ponsel pada posisi tertentu untuk membuka kunci.

Jika teknologi pengenalan vena yang baru dipatenkan BYD berhasil dikomersialkan, hal ini diharapkan dapat memberikan tingkat kenyamanan yang jauh lebih baik bagi pemilik BYD saat membuka kunci kendaraan mereka. Dengan mengintegrasikan teknologi mutakhir ini, BYD tidak hanya merevolusi sistem keamanan kendaraan tetapi juga memperkuat reputasinya sebagai pemimpin industri dalam inovasi otomotif.

By admin