JawaPos.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati buka suara soal foto viral mobil Alphard-nya yang masuk ke salah satu apron di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dia menjelaskan bahwa hal itu merupakan protokol yang diberikan kepadanya sebagai menteri.

“Pertama itu adalah protokol yang selama ini diberikan kepada saya,” kata Sri Mulyani kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (27/3).

Ia menjelaskan, protokol itu didapatkan karena dirinya kerap menyambangi kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) di Bandara Soekarno-Hatta. Salah satunya untuk mengecek kinerja instansi yang berada di bawah naungan Kemenkeu.

“Kalau saya di Cengkareng itu biasanya memang sengaja ke kantor bea cukai untuk sekaligus menanyakan anak buah hari ini bagaimana. Mereka juga bisa menyampaikan apakah mereka baru menangkap barang tegahan dan lain,” jelasnya.

Mantan direktur bank pelaksana dunia ini mengungkapkan cukup sering untuk berkunjung ke DJBC di Bandara Soekarno-Hatta.

“Sebagai pimpinan, saya biasanya dan ada kantor saya di sana untuk bisa berkomunikasi, berdiskusi dengan mereka sehingga kalau masuk bandara tetap mengikuti protokol bandara,” imbuhnya.

“Kalau bedanya mungkin yang lain tidak melakukan itu karena ada tempat sendiri, kalau saya karena bea cukai di bawah Kemenkeu jadi saya melakukan sekaligus merupakan kesempatan buat saya untuk berdiskusi, ngecek, ngobrol ke kepala kantor wilayahnya apa-apa yang dilakukan,” tandasnya.

Sebelumnya, viral foto yang diungah dalam akun Twitter @PartaiSocmed menunjukkan mobil Alphard yang masuk ke tempat parkir pesawat atau apron.

Hallo @beacukaiRI, siapa nih yg tadi siang dijemput pakai mobil Bea Cukai sampai mobilnya masuk ke area landas pacu segala? Mana bawaannya banyak banget pula..Cc Pak @prastow @KemenkeuRI,” tulis akun @PartaiSocmed dikutip Senin (27/3).

By admin