JawaPos.com–Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara (Sumut) mencatat sebanyak 1.900 orang telah melakukan pendaftaran Program Mudik Gratis Bermartabat.

Padahal, kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut Agustinus, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut hanya menyediakan kuota Mudik Gratis Bermartabat sekitar 1.200 orang dengan menggunakan 30 bus.

”Mudik gratis cukup surprise, kita sampai hari ini (28/3), yang registrasi sudah di angka 1.900 lebih. Ini belum hasil verifikasi dan ini masih registrasi via online,” ujar Agustinus seperti dilansir dari Antara.

Dalam pendaftaran melalui google form, Agustinus menjelaskan, masih banyak terdapat dua akun dengan satu nama dan rute yang sama. Untuk itu, pihaknya perlu melakukan verifikasi data yang masuk ke Dishub Sumut.

”1 April kita lakukan verifikasi masyarakat yang akan mudik naik bus gratis. Kuota 1.200 dengan 30 bus,” ujar Agustinus.

Agustinus menjelaskan, Mudik Gratis Bermartabat akan diberangkatkan di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Medan, pada Rabu (19/4) atau H-2 Sebelum Hari Raya Idul Fitri 2023.

Dia menyatakan, rute mudik yakni Kota Medan dengan tujuan Penyabungan, Padangsidimpuan, Sibolga, Rantauprapat, Gunungtua, Sidikalang, Salak, Stabat, dan Besitang.

Dia menambahkan, program yang digagas Pemprov Sumut itu bertujuan mengurangi beban masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

”Mudik gratis total ada 30 bus. Itu nanti kita berangkatkan 19 April 2023 atau H-2 Lebaran. Kita berangkatkan dari Kantor Gubernur Sumut,” terang Agustinus.

By admin