JawaPos.com — Kubah atau atap Masjid Ittifaqul Jamaah di Jalan Barukang 1, Kelurahan Pattingalloang, Ujung Tanah, Kota Makassar, ambruk dan menimpa sejumlah jamaah yang hendak melaksanakan salat tarawih. Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (26/3) malam. Saat itu, jamaah tengah mendengar ceramah, belum melaksanakan salat Tarawih.

Peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba tersebut membuat sejumlah jamaah tertimpa material. Video korban dievakuasi ke rumah sakit viral di media sosial.

Terlihat juga material kubah terbuat dari campuran pasir dan semen jatuh berserakan di lantai dasar masjid. “Innalillahi,” kata warga yang merekam peristiwa tersebut.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin, mengungkap penyebab kubah masjid roboh hingga menimpa jamaah salat tarawih. Konstruksi kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Jalan Barukang 1, Kota Makassar itu dianggap sudah berumur.

“Itu dikarenakan konstruksi yang sudah berumur,” ungkapnya, Minggu (26/3), seperti dilansir Pojoksatu.id (Jawa Pos Group).

Hendra menjelaskan, kubah tidak langsung jatuh atau ambruk ke bawah. Material reruntuhan sempat terhalang plafon sehingga beberapa jamaah masih sempat menyelamatkan diri.

Saat kejadian, para jamaah tengah mendengar ceramah dan belum melaksanakan salat tarawih, namun sudah melaksanakan salat Isya.

“Setelah salat Isya. Kemudian pada saat ceramah, sebelum tarawih, kubah yang berada di tengah masjid itu rubuh,” tambah Hendra.

Insiden kubah masjid ambruk ini terjadi di Masjid Ittifaqul Jamaah, Kelurahan Pattingalloang, Ujung Tanah, Kota Makassar, Minggu (26/3) sekitar pukul 20.15 Wita.

By admin