JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta anggaran buka puasa bersama (bukber) di semua instansi pemerintah untuk dialihkan ke program santunan fakir miskin. Menurut Jokowi, jajaran pemerintah mesti menyambut bulan Ramadhan 1444 Hijriah dengan kesederhanaan, menyusul banyaknya sorotan masyarakat terhadap kehidupan mewah pejabat.

“Anggaran yang biasanya dipakai buka puasa bersama, kita alihkan, kita isi kegiatan yang bermanfaat. Bantu mereka yang membutuhkan, berikan santunan untuk fakir miskin,” kata Jokowi melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (27/3).

Kepala negara mengatakan, anggaran yang semula dikeluarkan untuk buka bersama bisa disalurkan untuk anak yatim piatu. Selain itu, instansi pemerintah juga bisa menyalurkan anggaran itu untuk operasi pasar murah.

Jokowi menegaskan, larangan menggelar buka puasa bersama hanya ditujukan bagi pejabat negara. Ia menekankan larangan pada menteri, kepala lembaga dan nonkementerian.

“Bukan untuk masyarakat umum. Arahan ini perlu saya sampaikan karena begitu banyaknya sorotan masyarakat terhadap kehidupan pejabat-pejabat kita,” tegas Jokowi.

By admin