JawaPos.com – Badan Pangan Nasional alias National Food Agency (NFA) berupaya mengoptimalkan stok gula dalam negeri serta melakukan percepatan pengadaan gula oleh BUMN pangan. Hal itu bertujuan untuk mengamankan ketersediaan gula konsumsi pada hari besar keagamaan nasional (HBKN) Ramadan dan Idul Fitri.

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi menyebutkan, stok gula untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini aman. Saat ini pemenuhannya masih memaksimalkan hasil panen dalam negeri. Tapi, NFA juga melakukan percepatan proses pengadaan oleh BUMN pangan.

“Kami telah lakukan penugasan dengan menyampaikan surat permohonan penugasan menteri BUMN kepada BUMN pangan, dalam hal ini ID FOOD dan PTPN Holding Perkebunan, untuk melakukan pengadaan gula konsumsi luar negeri. Prosesnya sudah berjalan dan ditargetkan sudah ada yang masuk pada Maret–April ini untuk menambah stok dan menjaga harga jelang Lebaran,” ujar Arief Minggu (26/3).

Melalui penugasan tersebut, BUMN pangan ID FOOD dan PTPN Holding Perkebunan akan mendatangkan sekitar 215.000 ton gula kristal putih (GKP) secara bertahap. “Pada Maret–Mei ini ditargetkan masuk sekitar 99.000 ton GKP,” ungkapnya.

By admin