JawaPos.com – Apakah Anda pernah mendengar jenis produk asuransi yang bernama asuransi tanggung gugat? Pada dasarnya, asuransi tanggung gugat merupakan jenis asuransi yang berguna untuk menanggung risiko munculnya tuntutan pada pihak nasabah atas kesalahan atau kelalaiannya hingga merugikan pihak lain. Perlindungan dari asuransi ini bisa didapatkan jika tuntutan dari pihak ketiga yang dirugikan tersebut sampai ke ranah hukum.

Sebagai contoh, asuransi ini dapat melindungi nasabah yang lalai ketika berkendara hingga menabrak pengendara lain dan menyebabkan kerugian. Ketika memiliki manfaat perlindungannya, nasabah asuransi tanggung gugat bisa mendapatkan uang ganti rugi untuk diberikan ke pihak ketiga yang dirugikan. Dalam catatan, kasus yang terjadi tersebut sudah melalui proses hukum yang resmi atau pengadilan.

Di Indonesia sendiri, ada cukup banyak perusahaan asuransi yang menawarkan jenis produk asuransi ini. Masing-masing layanan pun memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginan calon nasabah.

Tentunya, Anda perlu mempertimbangkan beragam hal agar tak sampai salah pilih layanan asuransi ini. Nah, agar mampu mendapatkan produk asuransi tanggung gugat yang terbaik dan memiliki manfaat perlindungan paling optimal, simak sederet tips memilihnya berikut ini.

1. Sesuaikan dengan Budget dan Kemampuan Bayar

Sama halnya dengan saat mengajukan jenis asuransi lainnya, Anda wajib menyesuaikan besaran preminya dengan budget dan kemampuan bayar. Jangan sampai nantinya beban premi yang ditanggung terlalu besar dan berat ditanggung oleh keuangan.

Idealnya, pengeluaran untuk kebutuhan asuransi ini adalah 5 sampai 10 persen dari penghasilan tiap bulan. Artinya, dengan gaji 5 juta per bulan, idealnya sisihkan uang sebesar 250 ribu sampai 500 ribu untuk kebutuhan ini. Tentunya, prioritaskan dulu produk asuransi yang lebih penting sebelum mengajukan asuransi tanggung gugat, seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

2. Ketahui Dulu Latar Belakang Penyedia Asuransi

Tips yang kedua, agar bisa mendapatkan produk asuransi yang terbaik dan terjamin layanannya, cek terlebih dulu latar belakang penyedia atau perusahaan asuransi. Pelajari apakah perusahaan asuransi yang menawarkan produk tersebut kredibel dan memiliki rekam jejak layanan yang positif.

Hal ini bisa dicek melalui riset di sejumlah media online. Yang terpenting, jangan mudah tergiur dengan iklan atau iming-iming sebuah perusahaan asuransi memiliki nama besar dan telah dikenal luas. Buktikan sendiri jika perusahaan asuransi yang ingin Anda gunakan layanannya memang berkualitas dan berkelas melalui berbagai informasi, seperti laporan keuangan dan review dari para nasabahnya terdahulu.

3. Sesuaikan Manfaat Perlindungan Asuransi dengan Kebutuhan

Agar mampu mendapatkan manfaat proteksi yang optimal, jangan sembarangan dalam memilih produk asuransi tanggung gugat. Utamanya, hanya pilih produk asuransi terbaik yang menawarkan perlindungan sesuai kebutuhan Anda.

Walaupun secara umum dibutuhkan oleh semua orang yang tak bisa lepas dari risiko kelalaian dan dapat memicu kerugian terhadap pihak lain, tapi ada beberapa kondisi khusus yang menjadikan asuransi tanggung gugat ini wajib didapatkan. Salah satu contohnya adalah jika Anda berprofesi sebagai direktur perusahaan dan bertanggung jawab mengambil keputusan krusial pada perusahaan.

Dengan asuransi ini, direktur bisa mendapat perlindungan terhadap risiko kerugian ketika salah mengambil keputusan. Hal serupa juga berlaku pada pebisnis terhadap risiko masalah atau tuntutan yang dilayangkan oleh masyarakat sekitar atau konsumen atas produknya. Untuk itu, agar bisa mendapat manfaat yang maksimal dari produk asuransi ini, pastikan untuk memahami betul manfaat pertanggungannya secara teliti dan sesuaikan dengan kebutuhan.

4. Survei Polis dari Perusahaan Berbeda dan Bandingkan

Tips lainnya, selalu survei dulu kelebihan dan kekurangan dari setiap produk asuransi yang ditawarkan perusahaan berbeda. Bandingkan mana produk atau layanan yang mampu memberikan manfaat paling ideal dan terbaik sesuai kebutuhan Anda. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan polis asuransi yang memiliki manfaat lengkap dan premi terjangkau menjadi lebih tinggi.

5. Pahami Segala Persyaratan Pengajuan Asuransi
Tips yang terakhir, ketika mengajukan asuransi ini, pastikan untuk memahami apa saja syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Hal ini penting untuk dilakukan agar membuat proses pengajuan layanan tersebut berjalan lancar tanpa gangguan. Jadi, manfaat perlindungannya pun lebih lekas Anda dapatkan untuk melindungi dari berbagai macam risiko.

Jangan Asal Murah, Tapi Juga Perhatikan Kualitas Manfaatnya

Itulah 5 tips memilih asuransi tanggung gugat agar bisa mendapatkan produk yang terbaik dan paling sesuai kebutuhan. Intinya, jangan sekadar mengajukan layanan dengan premi murah, tapi juga perhatikan kualitas manfaat yang ditawarkan apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Di samping itu, jangan sampai mengajukan produk asuransi dengan biaya premi terlampau tinggi agar kondisi keuangan tetap terjaga dan tak berisiko kewalahan melunasinya.

By admin