JawaPos.com – Jalan tol Jakarta Bandung ramai digunakan masyarakat, apalagi saat momen mudik Lebaran. Informasi rincian biaya jalan tol terbaru 2023 ini mungkin bisa berguna bagi Anda yang sedang mempersiapkan perjalanan Jakarta Bandung.

Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan biaya perjalanan saat mengisi saldo elektronik pada kartu e-toll agar cukup sesuai tujuan berkendara. Ke Bandung dengan menggunakan mobil pribadi bisa melalui jalan tol dengan melintasi 3 ruas tol, yakni Tol Jakarta-Cikampek, Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Tol Padalarang-Cileunyi atau Padaleunyi.

Seperti diberitakan Radar Bandung (Jawa Pos Group), berikut daftar tarif tol Jakarta – Bandung 2023 terbaru untuk jenis kendaraan golongan 1 yang meliputi sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus dari data tarif jalan tol BPJT, dikutip Jumat (17/3/2023). Tarif tol akan dihitung saat mobil memasuki berbagai pintu keluar gerbang tol (GT).

Biaya Tol Jakarta Bandung 2023:

Tarif Tol Jakarta-Cikampek:
Anda akan melintasi ruas Tol Jakarta-Cikampek. Jalan tol sepanjang 83 km ini dibuka Jasa Marga pada tahun 1988.Tol Jakarta-Cikampek terhubung dengan jalan tol dalam kota Jakarta, Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR), dan terintegrasi dengan Jalan Layang MBZ.

Jalan tol yang juga biasa disebut Tol Japek ini menjadi urat nadi transportasi penghubung Jakarta Bandung dan kota-kota lain kawasan Pantai Utara Jawa (Pantura), dan merupakan ruas yang terpadat dari jaringan jalan tol Trans Jawa. Berapa tarif tol Jakarta Bandung di ruas Tol Jakarta-Cikampek 2023? Jika perjalanan dimulai dari GT Jakarta IC ke Cikampek adalah sebesar Rp 20.000.

Tarif Tol Cipularang menuju Bandung:
Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang atau Cipularang memiliki total panjang 64,4 km dan beroperasi pada tahun 2005.
Tol Cipularang melengkapi beroperasinya tol Padaleunyi, dan menjadi salah satu ruas tol terpanjang yang menghubungkan Jakarta Bandung via tol Jakarta-Cikampek.
Di Tol Cipularang, perjalanan ke Bandung dimulai dari GT Dawuan menuju Padalarang. Tarifnya adalah sebesar Rp42.500.

Tarif Jalan Tol Padalarang-Cileunyi:
Setibanya di GT Padalarang, Anda akan masuk ruas Tol Padalarang-Cileunyi yang merupakan jalan tol lanjutan dari Tol Cipularang.
Tol Padalarang-Cileunyi memiliki total panjang 58,5 km dengan 9 gerbang tol, yakni SS Padalarang, Padalarang, Baros, Pasteur, Pasirkoja, Kopo, Moh Toha, Buahbatu dan Cileunyi.

Jalan tol ini melintasi kawasan Bandung Raya, juga menghubungkan ke berbagai daerah selatan Jawa Barat, seperti Nagreg, Tasikmalaya, Sumedang, Garut, Ciamis dan daerah-daerah lainnya. Tarif tol Jakarta Bandung di ruas Tol Padaleunyi mulai dari GT Padalarang jika keluar di area Cileunyi adalah Rp 10.000.

Ini selengkapnya daftar tarif Tol Padalarang-Cileunyi ditiap gerbang tol untuk kendaraan golongan 1:

Padalarang – Baros: Rp 2.000
Padalarang – Pasteur: Rp 3.500
Padalarang – Pasirkoja: Rp 4.500
Padalarang – Kopo: Rp 4.500
Padalarang – Moh Toha: Rp 5.000
Padalarang – Buahbatu: Rp 6.000
Padalarang – Cileunyi: Rp 10.000

Itulah tarif tol Jakarta Bandung 2023 terbaru. Dengan demikian, perkiraan total biaya tol Jakarta Bandung 2023 untuk kendaraan golongan 1 adalah sebesar Rp 72.500. Dengan catatan perjalanan mulai dari Jakarta IC (Jakarta Interchange) yang berada di Simpang Susun Cawang, dan keluar area Cileunyi.

Perkiraan biaya ini belum termasuk tarif tol lainnya, misal Tol Dalam Kota atau Lingkar Luar sesuai asal perjalanan. Jadi, ada baiknya mempersiapkan saldo e-toll dengan memperhitungkan biaya tambahan sebelum memulai perjalanan.

Saat melintasi jalan tol, pengendara juga diimbau agar dapat mengantisipasi perjalanan. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.

By admin