JawaPos.com – Provinsi DKI Jakarta mencatatkan kenaikan kasus Covid-19 dalam satu minggu terakhir. Selain itu, ada empat orang meninggal dunia akibat Covid-19 dalam seminggu ini.

“BOR keterisian rumah sakit tetap 6–7 persen. Masih ada 4 org meninggal dalam seminggu tetapi semua lansia,” ujar Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr. Ngabila Salama kepada wartawan, Minggu (26/3).

Empat orang yang meninggal dunia akibat Covid-19 itu, kata Ngabila semuanya berusia di atas 60 tahun. Dengan rincian satu orang belum vaksin sama sekali, dua orang sudah vaksin dosis pertama, dan satu orang sudah vaksin dosis kedua. “Semua memiliki komorbid berat terutama hipertensi dan diabetes mellitus yang merupakan silent killer dan mother of disease,” jelasnya.

Atas hal itu, ia meminta warga Jakarta mencegah sakit dengan disiplin bermasker dan menghindari orang yang sedang sakit. Menurutnya masker dapat melindungi dari berbagai penyakit menular, seperti batuk pilek yang disebabkan oleh virus atau bakteri lainnya, campak, rubella, TBC, difteri, dan lain-lain.

“Hindari buka puasa bersama untuk mencegah kenaikan kasus atau kasus memuncak 2–4 minggu ke depan saat momen hari raya,” imbaunya. “Jika kasus naik, maka kematian tentu berpotensi naik,” tandas Ngabila. (*)

 

Royyan

 

By admin