JawaPos.com – Ada yang berbeda dari pemusatan latihan timnas basket putri selama satu pekan terakhir. Adelaide Callista Wongsohardjo cs mendapat materi khusus dari pelatih skill individu asal Amerika Serikat.

Dia adalah Christopher L. Matthews alias Lethal Shooter.

Laman Sports Illustrated menyebut Matthews sebagai salah satu pelatih skill individu paling dicari di NBA dan WNBA.

Dia pernah secara khusus menangani sejumlah pemain seperti Dwight Howard, Anthony Davis, Candace Parker, atau Skylar Diggins-Smith.

Nah, PP Perbasi secara khusus mendatangkan Matthews sebagai salah satu persiapan menuju SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja.

”Kami ingin tim ini jadi lebih baik. Belajar dari pelatih yang punya pengalaman sangat luar biasa,” kata Manajer Timnas Basket Putri Christopher Tanuwidjaja.

Matthews punya spesialisasi dalam menembak. Saat latihan Jumat (24/3) kemarin, dia beberapa kali mengajarkan keahliannya itu. Selama satu pekan terakhir, pelatih 37 tahun tersebut membagikan banyak hal kepada para pemain.

”Bukan cuma shooting, tapi banyak juga detail seperti defense dan juga pergerakan pemain,” jelas Christopher.

“Sebelum mulai melatih, dia minta skema permainan dari coach Sophie (Lin Chi Wen, pelatih kepala timnas basket putri, Red). Lalu, yang diajarkan adalah yang menunjang sistem,” imbuhnya.

Matthews pun merasa senang bisa menangani timnas basket putri Indonesia. Apalagi, seluruh atlet bisa cepat menerima materi darinya.

”Tim ini sangat bagus. Mereka mau mendengar dan benar-benar ingin berkembang ke tahap selanjutnya,” kata dia.

”Mereka sangat baik di tiap posisi. Punya penembak bagus, defender yang baik, jadi mudah untuk melatih dalam kondisi seperti itu,” imbuhnya.

Meski begitu, Matthews tidak akan lama menangani timnas basket putri. Sebab, dia sudah ditunggu agenda cukup padat.

”Minggu depan dia ada beberapa pekerjaan di NBA juga. Tapi, kami berterima kasih karena para pemain sudah mendapat ilmu tambahan,” ungkap Christopher.

 

 

By admin