JawaPos.com – Dipecatnya Julian Nagelsmann dan pemilihan Thomas Tuchel menuai kritik karena Bayern Munchen tidak lagi memiliki der trainer yang punya latar belakang pernah berkostum Die Roten.

Nagelsmann memiliki rekam jejak main di TSV 1860 Munich dan FC Augsburg. Tuchel malah hanya bermain untuk klub tidak populer seperti Stuttgarter Kickers dan SSV Ulm.

Namun, Bayern seperti sudah mengantisipasi kritik itu. Mereka mendatangkan Roy Makaay. Dia adalah penyerang Bayern yang mendulang 78 gol dari 129 kali penampilan pada periode 2003–2007.

Makaay sudah masuk jajaran kepelatihan Bayern sebagai pelatih usia muda. Persisnya menukangi proyek Bayern, FC Bayern World Squad. Makaay akan membesut tim U-19 Bayern yang dipilih dari penjuru dunia.

”Aku telah menantikan tantangan unik bekerja sama dengan pemain-pemain muda dari seluruh dunia dan budaya yang berbeda,’’ ungkap mantan bomber timnas Belanda tersebut di laman resmi klub.

”Kami ingin mendapatkan yang terbaik dari setiap pemain dalam proyek sepak bola elite ini dan menawarkan platform terbaik FC Bayern kepada mereka supaya mendekatkan mereka ke impiannya menjadi pesepak bola profesional,” sambung pria 48 tahun tersebut.

Demi FC Bayern World Squad, Makaay meninggalkan statusnya sebagai pelatih first team di Rangers FC. Posisi yang dia jalani sejak 2021.

Sebelumnya, Makaay menghabiskan waktu di Feyenoord Rotterdam. Mulai menjadi scout, asisten pelatih U-19 dan pelatih U-19, lalu naik menjadi asisten pelatih U-21 dan pelatih U-21.

”Kami berharap pengalaman fenomenalnya sebagai pemain dalam level tertinggi beberapa tahun akan memberikan nilai tambah bagi talenta muda kami,” tutur Direktur Eksekutif Olahraga Bayern Hasan Salihamidzic tentang bergabungnya Makaay. 

By admin