JawaPos.com – Era baru Spanyol bersama entrenador Luis de la Fuente dimulai dini hari nanti kontra Norwegia pada kualifikasi Euro 2024 (siaran langsung iNews/RCTI+/Soccer Channel pukul 02.45 WIB).

Striker Alvaro Morata turut antusias dalam laga di La Rosaleda, Malaga, itu lantaran dia telah dipilih menjadi kapten anyar La Furia Roja menggantikan gelandang Sergio Busquets.

Sepanjang sejarah pemain yang pernah jadi kapten Spanyol, hanya ada dua figur yang berposisi sebagai striker. Yang pertama adalah Emilio Butragueno pada 1988–1992, lalu Raul Gonzalez pada 2002–2006.

”Saya sudah berada di sini (timnas, Red) bersama Dani Carvajal (bek kanan asal Real Madrid, Red) sejak kami masih muda (usia 22 tahun, Red),” beber Morata kepada Diario AS. Untuk melengkapi Morata, Carvajal dipilih sebagai wakil kapten.

”Fokusku bukan sekadar tampil dengan ban kapten, melainkan juga untuk membantu para pendatang baru demi membanggakan negara.’’ tandasnya

Pemilihan La Fuente kepada Morata bukan asal comot. Striker Atletico Madrid itu berstatus pemain dengan caps terbanyak (61 caps) di skuad saat ini. Selain itu, dia juga menjadi top scorer tim dengan 30 gol.

Yang menarik, persis setahun lalu, Morata untuk kali pertama mengenakan ban kapten Spanyol. Yakni, ketika Spanyol mengalahkan Albania 2-1 pada laga uji coba. Apakah Alvarito –sapaan akrab Morata– bisa mengulangnya lawan Norwegia?

Absennya bomber Norwegia asal Manchester City Erling Haaland memberi kans bagus bagi La Furia Roja. ”Kami ingin menang sekaligus memberikan penampilan bagus,’’ harap La Fuente seperti dilansir The Analyst.

 

By admin