JawaPos.com – Empat kekalahan, dua hasil imbang, dan mencetak hat-trick gol bunuh diri. Itulah statistik Persebaya Surabaya dalam enam laga terakhir Liga 1 2022–2023. Kondisi yang membuat penggawa Green Force dalam tekanan. Termasuk kala menjamu Persikabo 1973 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, malam nanti (live vidio.com pukul 20.30 WIB).

Tidak ada pilihan lain selain menang. Aji Santoso sadar akan hal itu. ’’Pemain kami sudah siap untuk mengakhiri episode negatif dengan meraih kemenangan atas Persikabo,’’ kata pelatih Persebaya tersebut.

Kans menghentikan episode buruk terbuka. Tim tamu dalam kondisi tidak ideal. Di laga pemungkas, mereka kalah 1-3 oleh Arema FC (19/3). Belum lagi lini depan Persikabo 1973 sedang pincang. Striker asal Brasil Silvio Junior absen akibat cedera. Sementara Dimas Drajad memperkuat timnas di FIFA Matchday.

Pelatih Persikabo 1973 Aidil Sharin Sahak sampai sambat. Dia tidak menampik bahwa absennya dua pilar lini depan membuatnya khawatir.

’’Keduanya punya peran penting untuk tim. Tapi, kami harus look forward, kami siapkan pemain yang ada. Kami masih punya Pedro (Henrique) dan Agung Mulyadi di lini depan. Saya yakin mereka akan memberi yang terbaik,’’ terang pelatih asal Singapura itu.

Pedro juga bomber yang cukup tajam. Dia sudah mengemas enam gol bersama Persikabo 1973. Karena itu, Aji tak mau terkecoh. Dia yakin Persikabo 1973 tetap berbahaya tanpa dua striker utama.

’’Ada beberapa laga yang kondisinya sama. Pemain inti lawan absen, tapi itu sama sekali tidak berpengaruh dalam pertandingan. Mau lawan full team atau tidak, kami harus fokus ke tim sendiri,’’ tegas pelatih asli Kabupaten Malang itu.

Ucapan Aji memang beralasan. Lini belakang Persebaya keropos. Rizky Ridho absen karena memperkuat timnas. Posisinya kemungkinan diisi Riswan Lauhin. Masalahnya, Riswan sempat mencetak gol bunuh diri kontra Persib Bandung (13/3). Belum lagi Arief Catur menepi akibat akumulasi.

Sejatinya, masih ada Koko Ari. Tapi, kemungkinan bek 22 tahun itu masih akan diparkir. Posisi bek kanan akan diisi oleh George Brown yang dalam penampilan terakhirnya kontra Bali United (18/2) hanya turun 45 menit.

Meski begitu, Aji tetap yakin dengan skuadnya. ’’Yang jelas, saya sudah melakukan antisipasi. Siapa pun yang turun besok (malam ini) akan memberikan yang terbaik,’’ tegas Aji.

Sementara itu, Aidil Sharin tetap mewaspadai Persebaya. Dia tidak menganggap absennya Arief Catur sebagai keuntungan. Sebab, dia melihat Persebaya memiliki banyak pengganti sepadan.

’’Kami tahu Persebaya ini tim yang bagus. Mereka juga punya banyak pemain muda yang berkualitas. Kami harus hati-hati,’’ bebernya.

Kiper Persikabo 1973 Dicky Indrayana tidak mau meremehkan Green Force. Apalagi, dia tahu tuan rumah ingin mengakhiri tren buruknya. Tapi, bukan hanya Persebaya yang menginginkan hal itu.

’’Kami juga ingin bangkit setelah di laga terakhir kami gagal meraih poin. Tentunya tidak mudah (untuk menang), tapi kami akan berusaha maksimal untuk meraih poin di Gresik,’’ terang kiper 25 tahun itu.

PERKIRAAN PEMAIN

Persebaya Surabaya (4-3-3): 21-Ernando Ari (g); 16-George Brown, 4-Leo Lelis, 44-Riswan Lauhim, 37-Alta Ballah; 18-Brylian Aldama, 88-Alwi Slamat (c), 10-Ze Valente; 11-Supriadi, 9-Paulo Victor, 14-Sho Yamamoto

Pelatih: Aji Santoso

Persikabo 1973 (4-4-2): 20-Dicky Indrayana (g); 23-Gilang Ginarsa, 2-Andy Setyo (c), 5-Lucas Gama, 4-Syahrul Lasenari; 99-Komarodin, 12-Roni Sugeng, 86-Teguh Infantrie, 10-Bruno Dybal; 7-Agung Mulyadi, 29-Pedro Henrique

Pelatih: Aidil Sharin Sahak

Venue: Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik

Live: vidio.com pukul 20.30 WIB

HASIL KEMARIN (24/3)

Arema FC vs Borneo FC | 0-0

Persib Bandung vs Bhayangkara FC | 2-1

(Daisuke Sato 37’, David da Silva 67’/Alex Martins 73’)

Persik Kediri vs Persita Tangerang | 3-1

(Ferinando Pahabol 26’; Flavio Silva 46’, 54’/Ramiro Fergonzi 60’-pen)

By admin