Sejak beroperasi 25 tahun silam, destinasi di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang, ini masih eksis. Kreativitas pengelola untuk memanfaatkan semua potensi alam menjadi salah satu faktornya.

SUASANA destinasi yang terletak di kawasan Gunung Semeru itu masih terjaga seperti saat awal dibuka pada 1988. Udara yang sejuk, air yang jernih, membuat siapa pun yang datang seakan diajak untuk mendinginkan diri.

Pemandangan hijau nan asri di kawasan objek wisata tersebut juga begitu meneduhkan. Baik yang berasal dari deretan pohon bambu maupun tanaman padi milik petani desa setempat. Sajian-sajian alam itu melengkapi keindahan dan kesegaran tempat pemandian yang memang jadi ”jualan utama” destinasi tersebut.

Seperti itulah wajah objek wisata Pemandian Tirtosari View yang berada di Desa Penanggal. Sejak dibuka 25 tahun silam, objek wisata tersebut masih eksis. Bahkan menjadi salah satu ikon wisata di Lumajang.

Wajar, objek wisata yang dikelola kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan warga Desa Penanggal itu memang tak pernah berhenti berkreasi. Ada begitu banyak wahana yang bisa dinikmati para traveler. Area di luar kolam pemandian menjadi jujukan utama.

Salah satu yang paling populer adalah eksotisnya pemandangan underwater alias di bawah air di kawasan pemandian. Di spot yang satu itu, pengunjung berkesempatan berfoto di bawah air bersama ragam jenis ikan hias yang ada di dalamnya.

Ikan-ikan hias dengan corak warna-warni tersebut cukup bersahabat dan seakan mengajak bermain air. ’’Senang, niatnya pengen liburan dan foto-foto juga. Apalagi, suasananya sejuk, airnya bersih dan jernih, banyak spot foto juga. Sangat cocok untuk liburan bersama keluarga,” kata Tiara, salah seorang pengunjung.

Selain bercengkerama dengan ikan-ikan, pengunjung yang menyelam di underwater bisa berfoto dengan properti-properti lain yang tak kalah Instagrammable. Ada sepeda, televisi, dan lainnya. ’’Seru, bisa foto gaya bebas dengan ikan-ikan yang berenang. Nggak pernah bosan datang ke sini,” ungkap Tiara.

Spot-spot serta sajian alam itulah yang membuat wisatawan tak pernah bosan untuk datang ke Tirtosari View.

Pengunjung yang ingin ke sana juga dijamin tidak akan mengalami kesulitan. Sebab, akses menuju destinasi tersebut representatif. Traveler bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat untuk datang ke sana.

Soal biaya, wisatawan juga tak perlu khawatir. Sebab, tiket masuk ke destinasi tersebut sangat ramah di kantong. ”Tiket masuk kami bagi dalam dua kategori. Untuk dewasa dan anak-anak,” kata Sekretaris Desa Penanggal Mufidun Al-Amin.

Live Music Akustik Membuat Family Camp Berkesan

SELAIN spot foto underwater, sederet inovasi dibuat pengelola Pemandian Tirtosari View untuk menarik minat wisatawan. Di antaranya, family camp bagi para keluarga yang ingin berlibur.

Lewat layanan itu, pengunjung bisa merasakan sensasi bermalam bersama keluarga dengan tenda di sekitar kolam pemandian. Menikmati suasana alam pedesaan yang sejuk dan damai.

PROPERTI: Di spot underwater Tirtosari View, pengunjung berkesempatan berfoto di dalam air bersama ikan-ikan serta sederet properti yang tersedia. (Iqbal/Jawa Pos Radar Semeru)

Selain sajian tersebut, pengunjung yang bermalam di Tirtosari View berkesempatan menikmati sensasi lain. Sebab, pengelola menyajikan beberapa pertunjukan. Di antaranya, live music akustik hingga aktivitas seru-seruan lainnya sampai larut malam. Bergantung paket wisata mana yang mau dipesan.

Sekretaris Desa Penanggal Mufidun Al-Amin menyatakan, ada beberapa paket ketika berwisata di Pemandian Tirtosari View tersebut. Pengunjung harus melakukan reservasi (memesan jauh-jauh hari) terlebih dulu supaya pengelola dapat maksimal menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan.

’’Malamnya juga ada kafe di sekitar pemandian. Nah, besoknya kami punya menu spesial untuk pengunjung. Sarapan dengan menu tradisional. Itu kami siapkan terlebih dulu. Makanya, harus reservasi supaya bisa menyiapkan tenda,’’ terangnya.

Banyak pengunjung yang merasakan sensasi family camp puas. Salah satu buktinya, banyak di antara mereka yang berkali-kali menginap di Pemandian Tirtosari View. ’’Kadang komunitas dan instansi atau lembaga mana saja datang. Mereka datang ke sini untuk senang-senang dan liburan,’’ pungkas Mufidun.

TENTANG TIRTOSARI VIEW, LUMAJANG

– Terletak di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro

– Berjarak 30 kilometer dari pusat Kota Lumajang

WAHANA YANG TERSEDIA

– Kolam pemandian yang airnya bersumber dari mata air lereng Gunung Semeru

– Underwater: Sebuah kolam tempat berfoto di bawah air untuk para pengunjung.

– Di dalam kolam itu terdapat ikan-ikan maupun ragam ornamen hias untuk berfoto.

– Hutan bambu

– Family camp

By admin