JawaPos.com – Tidak ada yang menduga ini bakal terjadi. Bahkan dari kubu Repsol Honda sendiri.

Marc Marquez berhasil meraih pole position pertama musim ini setelah menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Portugal. Catatan waktunya 1 menit 37,226 sekaligus menjadi rekor lap baru di Portimao.

”Sungguh aku tidak menyangka karena aku merasa kami terlalu jauh di belakang,” ucap Marquez usai kualifikasi.

Q2 diawali dengan Jack Miller (KTM) menggila pada lap pertamanya di Q2. Waktunya sudah lebih baik 0,2 detik dari rekor lap-nya yang dicatat pada latihan hari pertama, yakni 1 menit 37,549 detik.

M Marquez memperbaiki catatan waktunya dengan 1 menit 37,630 detik. Disusul Francesco Bagnaia di posisi ketiga.

Pada paro kedua, M Marquez mencari slipstream dengan keluar pit di belakang Enea Bastianini (Ducati). Sementara pemegang pole sementara Miller malah mengalami crash.

Pada lap pertamanaya di paro kedua Q2 Bagnaia menggeser posisi Miller dengan mencatat 1 menit 37,290 detik dan naik ke puncak.

Tapi itu belum berakhir, M Marquez yang memanfaatkan slipstream dari Bastianini berhasil menggesernya dengan membukukan 1 menit 37,226 detik.

Bagnaia turun ke posisi kedua dan Jorge Martin menggenapi barisan terdepan di posisi ketiga.

Ini menjadi kejutan bagi kubu Repsol Honda mengingat sejauh ini mereka dikabarkan belum menemukan performa terbaik dari RC213V.

Sampai-sampai mereka harus menyerahkan pembangunan chassis kepada Kalex.

Marc Marquez (Repsol Honda) lolos dari ke Q2 setelah mencatat waktu tercepat di Q1 yakni 1 menit 37,675 detik.

Dia diikuti rider tuan rumah Miguel Oliveira yang berhasil menggeser posisi Alex Marquez (Gresini) di posisi kedua pada upaya terakhirnya di Q1.

 

By admin