JawaPos.com – Korea Utara (Korut) kembali menjadi sorotan. Kali ini bukan soal kontroversi uji coba misil yang dilakukan. Melainkan tentang perilaku hedon Kim Ju Ae, 10. Putri pemimpin tertinggi Korut Kim Jong Un itu menjadi pergunjingan publik lantaran pakaian yang dikenakan.

The Korea Herald mengungkap, dalam video yang dirilis media milik pemerintah Korut, KCNA, pada 17 Maret lalu, Ju Ae terlihat menemani ayahnya mengamati peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17. Saat itu, dia memakai jaket hitam musim dingin. Jaket tersebut diperkirakan keluaran brand Christian Dior. Harganya mencapai USD 1.900 atau setara Rp 28,7 juta.

Busana mewah yang dipakai Ju Ae tentu sangat kontras dengan kondisi penduduk Korut. Rata-rata hidup warga Korut masih berada di bawah garis kemiskinan. Korut masuk jajaran sebagai salah satu negara termiskin di dunia. 

Sebuah studi yang dilakukan para peneliti Universitas Ekonomi dan Bisnis Wina pada 2020 menyebut 60 persen populasi negara itu diperkirakan hidup dalam kemiskinan absolut.

Sejauh ini, angka pasti kondisi perekonomian Korut tidak jelas. Maklum, Korut adalah negara yang paling tertutup di dunia. Tetapi, menurut Bank Sentral Korea Selatan (Korsel), pendapatan nasional bruto Korut pada 2021 adalah KRW 36,3 triliun (Rp 427,7 triliun). Jumlah itu hanya sekitar 3,5 persen dari pendapatan Korsel pada tahun yang sama.

Meski mayoritas penduduk Korut miskin dan kerap mendapatkan bantuan dari luar, para pemimpinnya hidup mewah. Termasuk Kim Jong Un sekeluarga. Gaya hidup mewah itu sering menuai kritik tajam. Perilaku mendiang mantan pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-il, misalnya. Dia sangat menyukai anggur dan makanan mahal. 

By admin