JawaPos.com – Luis Milla sudah tidak kaget dengan penjadwalan pertandingan Liga 1 yang berbarengan dengan agenda timnas Indonesia. Pelatih asal Spanyol itu pernah menghadapi pertandingan domestik saat Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto memperkuat timnas di ajang AFF Cup 2022. Pengalaman tersebut didapat saat putaran pertama Liga 1 musim ini tersentralisasi di Jogjakarta-Jawa Tengah. Saat itu Persib tidak terkalahkan.

Pengalaman tersebut menjadi bekal berharga bagi Milla yang harus kembali menjalani pertandingan tanpa Klok, Ricky, dan Irianto. Dia akan mengamati secara detail siapa saja pemain yang bisa menambal lubang di lini tengah.

Milla tidak mau ada detail yang terlewat. Sebab, lawan yang dihadapi malam nanti di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, sangat kuat. Yaitu, Bhayangkara FC (live Indosiar pukul 20.30 WIB). Seharusnya, laga tersebut dimainkan pada 16 Januari lalu.

Milla tidak mau menyerah dengan keadaan. Karena itu, Milla sedang berusaha agar keseimbangan Persib tetap terjaga. Salah satunya, menunda kepergian Kakang Rudianto dan Robi Darwis ke timnas Indonesia U-20.

’’Tenaga Kakang dan Robi akan menambah kekuatan kami saat Klok, Ricky, dan Irianto dipanggil timnas senior,’’ tutur mantan pelatih timnas Indonesia itu kemarin.

Saat menghadapi Bhayangkara FC, Milla ingin Persib memiliki transisi yang bagus. Baik saat menyerang maupun bertahan. Instruksi tersebut bukan tanpa dasar. Menurut dia, The Guardian memiliki dua pemain yang menjadi momok bagi setiap tim Liga 1. Yaitu, Alex Martins dan Matias Mier.

’’Hadirnya Alex dan Mier membuat lini depan Bhayangkara FC menjadi tajam. Mereka adalah pemain yang sangat penting di balik naiknya posisi Bhayangkara FC di papan klasemen. Kami harus mengantisipasi mereka dengan menerapkan transisi bermain yang baik,’’ tegas pelatih 57 tahun tersebut.

Sementara itu, Gendut Doni, asisten pelatih Bhayangkara FC, menyatakan, pertandingan melawan Persib merupakan laga yang ditunggu-tunggu. ’’Kedua tim sama-sama mengincar kemenangan. Kami ingin terus berjuang memperbaiki peringkat di papan klasemen. Jadi, besok (hari ini, Red) akan jadi pertandingan yang menarik,’’ ucapnya.

PERKIRAAN PEMAIN

Persib Bandung (3-4-3): 14-Teja Paku Alam (g); 5-Kakang Rudianto, 16-Achmad Jufriyanto (c), 2-Nick Kuipers; 12-Henhen Herdiana, 6-Robi Darwis, 11-Dedi Kusnandar, 56-Rezaldi Hehanusa; 77-Ciro Alves, 19-David da Silva, 30-Ezra Walian

Pelatih: Luis Milla Aspas

Bhayangkara FC (4-3-3): 12-Awan Setho (g); 2-Putu Gede Juni Antara, 4-Anderson Salles, 6-Aji Joko Sutopo, 18-Samsul Arifin; 23-Wahyu Subo Seto, 8-M. Hargianto (c), 33-Matias Mier; 20-Sani Rizki Fauzi, 39-Alex Martins, 77-Kasim Botan Asisten

Pelatih: Agus Sugeng Riyanto

Venue: Stadion Pakansari

Live: Indosiar pukul 20.30 WIB

By admin