JawaPos.com – Polrestabes Surabaya mendirikan delapan pos pantau untuk menjaga keamanan selama Ramadan. Lokasinya tersebar di sejumlah kawasan. Masing-masing bakal mendapat penjagaan dari petugas gabungan selama 24 jam.

Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Arif Fazlurrahman menyampaikan bahwa pos itu berbeda dengan pos lantas yang sudah ada saat ini. Pos tersebut khusus didirikan untuk memastikan kondusivitas selama bulan suci.

’’Ada di pusat kota dan wilayah perbatasan,’’ ujarnya Kamis (23/3).

Arif memaparkan, titik pos penjagaan itu tidak dipilih secara asal. Lokasinya termasuk strategis. Sebab, areanya tergolong ramai dan mudah menjangkau berbagai tempat.

Delapan pos itu, lanjut dia, berada di Taman Bungkul, bundaran Cito, MERR, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Mayjen Sungkono, Jalan Arjuno, Jalan Demak, dan Pakuwon Mall.

’’Fungsi pos adalah memudahkan penanganan ketika ada gangguan keamanan maupun ketertiban masyarakat,’’ tuturnya.

Menurut Arif, beberapa persoalan yang mendapat perhatian adalah balap liar dan tawuran. Juga, berbagai jenis tindak kejahatan. ’’Untuk mengoptimalkan kehadiran polisi di masyarakat,’’ tambahnya.

Lebih lanjut, dia mengimbau masyarakat turut menjaga kondusivitas selama Ramadan. Misalnya, tidak mengadakan sahur on the road dengan aksi konvoi atau membagikan takjil di jalur yang rawan macet.

’’Mari bersama-sama menjaga bulan suci ini agar nyaman dan aman untuk beribadah,’’ tandasnya.

By admin