JawaPos.com – Tak sedikit para pemilik mobil saat mematikan mesin mobil kondisi AC tetap menyala. Bahkan, banyak yang beranggap untuk mematikan AC di kondisi mobil sudah mati ini tidak penting.

Namun tanpa disadari, ketika terlalu sering melakukan AC mobil tidak dimatikan saat mesin mobil mati akan bisa memberikan dampak buruk. Karena beberapa komponen AC mobil akan mengalami dampak bahkan kerusakan.

Akibat ac mobil tidak dimatikan saat mobil mati ini tidak hanya merusak bagian kompresor saja. Namun juga bisa merusak bagian alternator dan juga aki karena di saat mesin sudah mau start, maka membutuhkan tenaga yang cukup tinggi.

Misalnya saat ac mobil tidak dimatikan saat mobil mati atau on, maka bisa membuat beban aki ini menjadi tinggi di saat proses starter [mobil dinyalakan]. Kebiasaan ini bisa membuat beberapa komponen lain yang ada di dalam mobil menjadi mudah rusak.

Apalagi pada mobil-mobil keluaran baru sudah diatur dengan adanya ECU semua. Jadi, saat mesin masih belum hidup dan AC diaktifkan, AC tidak akan langsung menyala karena sudah diatur dari ECU. Begitu pun sebaliknya.

Maka dapat disimpulkan bila AC mobil tidak dimatikan saat mobil mati adalah sangat membahayakan. Para pemilik kendaraan harus melakukan perawatan secara rutin supaya AC berada di kondisi yang baik.

Karena pentingnya komponen AC bertugas memberikan jaminan kenyamanan terhadap para penumpang. Pastikan AC mobil berada di kondisi yang benar-benar bersih. untuk menjaga sistem pendingin mobil, hal terpenting adalah kebersihannya.

Lakukan penggantian filter ac tepat waktu, tidak menggunakan parfum berlebihan, tidak merokok di dalam kabin, dan sebagainya. Dengan kondisi AC yang bersih ini bisa membuat cara kerja menjadi lebih baik atau normal lagi.

Ketika sudah terjadi kerusakan, maka Anda harus sesegera mungkin untuk melakukan perbaikan sebelum merambat pada beberapa komponen lainnya.

By admin