JawaPos.com – Startup Runway telah mengumumkan peluncuran jaringan saraf baru, Gen-2, yang menawarkan cara revolusioner untuk membuat video. Dibekali dengan teknologi AI atau Artificial Intelligence, mereka menciptakan aplikasi yang dapat mengubah deskripsi tekstual apapun menjadi klip video.

Dalam uji coba, teks sukses diubah menjadi video berdurasi tiga detik. Hal ini digadang-gadang bisa memberikan berbagai peluang bagi pembuat konten video.

Berbeda dengan generator gambar berbasis teks Stable Diffusion sebelumnya, jaringan saraf Gen-2 tidak akan terbuka atau tersedia secara luas sejak awal. Pengguna dapat mengakses teknologi dengan bergabung dalam antrean di situs web Runway atau melalui Discord.

Konsep membuat video dari input teks bukanlah hal baru dalam dunia Kecerdasan Buatan. Raksasa teknologi sebelumnya telah merilis makalah penelitian tentang model AI text-to-video serupa pada akhir 2022. Namun, model Runway Gen-2 menonjol karena akan tersedia untuk sejumlah besar pengguna.

Kemampuan AI untuk menghasilkan rekaman video dari deskripsi teks adalah game changer untuk industri ini. Pasalnya ini dapat menyederhanakan proses produksi, mengurangi biaya, dan memungkinkan seniman mewujudkan ide mereka dengan sangat mudah.

Dilansir dari Ixbt, Jumat (24/2), teknologi ini juga berpotensi mengubah cara kita, para kreator membuat video dan merevolusi industri. Dengan menggunakan jaringan saraf Gen-2, pembuat konten video dapat dengan mudah menghasilkan konten video hanya dengan beberapa input teks.

Teknologi AI tersebut akan menghasilkan klip video berkualitas tinggi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti kampanye pemasaran, posting media sosial, dan bahkan film.

Model Runway Gen-2 juga diharapkan menjadi game changer untuk usaha kecil dan pemula yang mungkin tidak memiliki sumber daya untuk menyewa tim ahli produksi video. Teknologi ini memberikan alternatif yang terjangkau, sehingga memungkinkan bisnis ini membuat video berkualitas tinggi dan terlihat profesional.

Secara keseluruhan, model Runway Gen-2 merupakan pengembangan yang menarik di bidang teknologi AI. Ini berpotensi mengubah cara kita membuat konten video, menjadikannya lebih mudah diakses dan terjangkau oleh semua orang.

By admin