JawaPos.com – Xiaomi, Oppo, dan Vivo sejatinya adalah kompetitor, saling berkompetisi demi berebut hati konsumen. Perang teknologi tak terhindarkan, adu harga juga demikian, pokoknya bersaing demi menggaet hati pengguna.

Kendati merupakan merek yang saling berkompetisi, tampaknya untuk hal satu ini, ketiganya kompak bersatu. Xiaomi, Oppo, dan Vivo sekarang dikabarkan kompak menyatukan visi untuk lebih memudahkan pengguna mereka masing-masing.

Caranya adalah dengan membuat solusi migrasi data secara bersamaan. Hal ini merupakan tanggapan atas kesulitan tiap konsumen mereka saat membeli smartphone baru. Untuk memindahkan data dari perangkat lama ke perangkat baru seringkali tidak mudah.

Beralih ke smartphone baru adalah pekerjaan yang membosankan. Seseorang perlu memigrasikan data mereka dari ponsel lama ke yang baru. Meski perusahaan telah menyediakan alat bawaan untuk mencapai hal ini, sebagian besar hanya berfungsi baik ketika pengguna beralih ke ponsel merek yang sama.

Untuk mengurangi masalah ini, tiga OEM besar Tiongkok teratas itu telah bermitra untuk membuat solusi baru. Xiaomi, Oppo, dan Vivo telah bergandengan tangan sekali lagi. Ini adalah kolaborasi besar kedua mereka setelah aliansi transfer peer-to-peer.

Berkat kemitraan baru ini, pengguna dapat memindahkan data dari smartphone lama mereka ke handset baru milik salah satu dari ketiga merek ini secara efisien.

Sebelumnya, pengguna hanya dapat mentransfer foto dan kontak antarperangkat dari merek tersebut. Tapi sekarang, mereka juga bisa mentransfer aplikasi pihak ketiga dan datanya. Jadi, pengalamannya sekarang hampir mirip dengan migrasi data antar handset dari merek yang sama.

Juga, hampir semua merek, termasuk Samsung (eksklusif Tiongkok), bergabung dengan aliansi transfer sejak pembentukannya pada 2019. Jadi, kita bisa berharap merek lain berkolaborasi untuk sistem migrasi baru yang lebih baik.

Secara internasional, Google juga mengizinkan pengguna untuk memigrasikan data antarmerek yang berbeda. Tapi itu tidak sempurna. Demikian pula, raksasa pencarian menawarkan ‘Berbagi Terdekat’ untuk mentransfer file.

By admin