JawaPos.com–Tidak butuh waktu lama, tiga dari empat posisi lelang jabatan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah terisi.

Mereka adalah Laksita Rini Sevriani sebagai kepala BPBD, Syamsul Hariadi selaku kepala BPKAD, dan Ida Widayati yang menjabat kepala DP3APPKB.

Hal itu mendapat apresiasi dari Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti. Bagi pimpinan dewan Kota Surabaya tersebut, kabar itu menunjukkan perkembangan positif dari proses seleksi lelang jabatan yang dilakukan secara terbuka.

”Ini sesuatu yang bagus karena tidak sampai dua bulan proses seleksi terbuka di Pemkot Surabaya sudah dilakukan dan jabatan definitif sudah bisa dilantik karena rangkap jabatan tidak efektif dalam capaian kinerja,” tambah Reni.

Namun dari sejumlah kepala OPD terpilih itu menyisakan kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, dan Perdagangan (Dinkopdag) Surabaya yang masih kosong.

Legislator PKS itu berharap agar jabatan tersebut bisa segera terisi. Sehingga masyarakat Surabaya bisa segera terlayani. Pasalnya, posisi tersebut begitu strategis demi menyukseskan program pemkot dalam memfasilitasi para pelaku usaha.

”Semoga juga bisa segera mendapatkan SDM andal sebagai kepala OPD karena dinas koperasi dan perdagangan menjadi urat nadi dan penting,” tutur Reni.

Reni menambahkan, perhatian pemerintah pada upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi dan target menjadikan UMKM naik kelas, membutuhkan sosok nakhoda yang piawai.

”Butuh kepala OPD yang andal dan memiliki kreativitas serta inovasi dalam memperkuat upaya pemulihan ekonomi, penguatan UMKM, menjadikan UMKM naik kelas,” terang Reni.

Dia menambahkan, usai pelantikan kepala-kepala OPD itu, DPRD akan terus menjalankan tupoksi untuk memantau kinerja dinas di lingkungan pemkot secara keseluruhan.

By admin