JawaPos.com – Timnas basket putri Indonesia finis sebagai runner-up ajang SEA Women Basketball League (SWBL) 2023. Ajang itu berlangsung pada 3–5 Maret lalu.

Tim asuhan Lin Chi Wen itu berada di bawah Thailand dan unggul atas Malaysia serta tuan rumah Singapura.

Meski gagal menyamai prestasi di SWBL tahun lalu, asisten pelatih timnas basket putri July Wong tetap mengapresiasi anak didiknya. Setidaknya, satu target telah tercapai. Yakni, memberi jam terbang kepada semua pemain.

’’Target kami memang bukan di sini, jadi kami oke dengan peringkat kedua,’’ kata July ketika dihubungi Jawa Pos. ’’Karena ini sudah dekat dengan SEA Games, semua tim pasti memantau, jadi kami banyak rotasi dan tidak memakai pattern,’’ imbuhnya.

Ya, target utama tim basket putri adalah di SEA Games 2023 Kamboja pada 5–17 Mei mendatang. Minimal, Adelaide Wongsohardjo dkk diminta untuk menyamai prestasi di SEA Games Vietnam tahun lalu, yakni meraih medali perak.

Karena itu, July menyatakan bahwa timnas basket putri akan memaksimalkan waktu yang tinggal kurang dari dua bulan.

Setelah menjalani tryout di Taiwan pada Februari dan mengikuti turnamen SWBL, timnas basket putri akan fokus berlatih di Surabaya hingga SEA Games dimulai.

Dia pun berharap seluruh pemain bisa terus meningkatkan rasa percaya diri. ’’Sebelumnya mereka seperti cari teman terus, takut ambil keputusan (untuk umpan atau menembak, Red),’’ kata July.

’’Tapi, kemarin (SWBL) pelan-pelan anak-anak sudah berani step-up buat jadi leader di lapangan. Kalau mereka berani, nanti di SEA Games bakal lebih enak lagi,’’ harapnya.

 

By admin