JawaPos.com – Persija Jakarta melakukan perubahan program latihan. Mereka akan beradaptasi ketika menjalani bulan suci Ramadan, yang dimulai pada Kamis (23/3/2023).

Pelatih Persija, Thomas Doll, sangat paham bahwa bulan puasa bagi umat muslim adalah momen yang istimewa. Pelatih asal Jerman itu pun tak ingin mengganggu ibadah yang akan dilakukan oleh sebagian besar para pemain, tim pelatih, dan ofisial timnya.

“Memasuki bulan puasa adalah momen yang spesial. Bukan hanya untuk para pemain, namun untuk semua orang yang merayakannya,” ucap Thomas.

Pelatih berusia 56 tahun itu pun sudah mengetahui bahwa bulan suci Ramadan merupakan momen yang ditunggu-tunggu masyarakat muslim.

“Saya sudah bicara dengan banyak orang dan mereka sangat senang dengan datangnya bulan Ramadan,” tutur Thomas.

Dalam merespon bulan Ramadan, Thomas akan mengubah jam latihan Firza Andika dan kawan-kawan. Tak lagi pada pagi atau sore hari, tetapi bergeser setelah waktu berbuka puasa.

“Tentu saja kami harus mengubah programnya karena di sini cuacanya sangat panas. Saya tahu mereka tidak bisa makan dan juga minum. Jadi, untuk sekarang rencananya mereka bisa makan untuk membatalkan puasa lalu kami akan melakukan latihan di pukul 19.30 WIB,” ucap mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Yang jelas, latihan Persija sudah digeber sejak Senin (20/3/2023) di Nirwana Park, Sawangan. Mereka kembali berlatih setelah libur tiga hari usai melakoni partai terakhirnya kontra PSIS Semarang, Kamis (16/3/2023).

Salah satu bek sayap Persija, Ahmad Birrul Walidain, menceritakan bagaimana dia dan rekan satu tim lainnya melakukan latihan pada awal pekan ini.

“Untuk latihan hari ini (20/3/2023) belum banyak. Tadi kami latihan penguatan fisik dan kami pun sempat melakukan rondo,” ucap Birrul.

Sementara itu, sisa empat dari lima laga yang dimiliki oleh Persija dipastikan akan dilakukan selama bulan suci Ramadan. Birrul pun siap untuk melakoni rentetan pertandingan tersebut.

“Insyaallah kami siap. Kami tinggal ikuti arahan para pelatih dan sisanya kami akan memberikan yang terbaik selama di sisa laga yang ada,” tutur Birrul mengakhiri pembicaraan.

By admin