JawaPos.com – Pelatihan pembuatan sabun kopi digelar oleh UKM Sahabat Sandi Lampung, Kamis (23/3). Kegiatan ini adalah upaya membuka peluang usaha bagi emak-emak hingga milenial.

Hal ini sesuai dengan target Menparekraf Sandiaga Uno untuk menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan di Indonesia. Pelatihan ini mendapat antusias dari para peserta di Tries Cafe & Resto, Lampung.

Salah satu peserta, Pujiastusi menceritakan, pelatihan ini sangat bermanfaat karena memberikan ilmu mudah yang jarang diketahui orang banyak.

Menurutnya, pelatihan ini juga bisa memberikan pendapatan lebih di bulan Ramadan, ia berterima kasih kepada pihak penyelenggara, sebab selain pelatihan ia juga difasilitasi perizinan usaha.

“Saya sebagai ibu rumah tangga tertarik dengan adanya pelatihan ini, kita bisa punya ilmu dan bisa kita manfaatkan ada nilai jualnya juga. Kita dikasih perizinan usaha, legalitas itukan penting, makanya disini beruntunglah difasilitasi, terima kasih kepada UKM Sahabat Sandi Lampung, khususnya Pak Sandiaga,” kata Pujiastusi.

Sementara itu, Fitdyatini, Ketua UKM Sahabat Sandi Lampung menuturkan pelatihan ini dilaksanakan agar masyarakat mendapatkan ilmu yang bermanfaat. “Disisi lain juga bermanfaat juga untuk emak-emak yang belum punya usaha disini kita rangkul,” ungkap Fitdyatini.

Selain pelatihan, UKM Sahabat Sandi Lampung juga menyediakan fasilitas perizinan usaha. Sebab, masih banyak UMKM yang belum memiliki izin usaha dan memiliki kendala dalam melakukan perizinan usahanya.

“Selain pelatihan, kami juga memberikan perizinan pada mereka yang belum punya izin usaha, jadi kami disini berikan gratis untuk yang belum punya,” kata Fitdyatini.

By admin