JawaPos.com – Pertandingan Liga 1 2022/2023 di bulan Ramadan 1444 H akan digelar laga tunda antara Persib Bandung melawan Bhayangkara FC. Duel dua tim yang pernah merasakan gelar juara itu akan berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (24/3/2023).

Adaptasi akan mulai dilakukan skuad Persib arahan Luis Milla jelang tarung melawan The Guardian. Dari sudut pandang Milla, setiap pelatih yang datang ke Indonesia tentu harus mengerti bagaimana budaya mayoritas yang beragama muslim, terutama di bulan puasa.

“Menurut saya, ketika ada pelatih datang menjadi pelatih di suatu negara, seperti di Indonesia, tentu pelatih tersebut harus memahami budayanya, memahami pemain dan banyak hal lain,” kata Milla, dikutip Badan Liga Indonesia.

Milla bukan kali pertama melatih di Indonesia. Pada tahun 2017-2018, pelatih asal Spanyol ini pernah melatih timnas Indonesia. Dari sana pelatih berusia 56 tahun itu belajar bahwa mayoritas pemainnya wajib berpuasa meski sedang bertanding.

Dia akan berkomunikasi dengan staf dan para pemainnya untuk mengambil keputusan, khususnya dalam menyusun waktu serta menu latihan agar menyesuaikan dengan kondisi pemain berpuasa. Latihan sore atau malam bisa jadi opsi.

“Saya mengerti dengan situasi ini, kami harus berbicara bersama pemain agar mereka bisa tetap nyaman dengan budaya yang berlaku. Kami harus berkompetisi dan tetap fokus, kami ingin mengakhiri kompetisi dengan permainan yang lebih baik,” beber Milla.

By admin