RUMAH pegawai pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo diisukan oleh sebuah akun Facebook telah digerebek KPK. Pada penggerebekan itu, ditemukan tumpukan emas batangan. Padahal, dari hasil penelusuran, kabar tersebut palsu.

’’Ruangan khusus emas milik Rafael Alun Digerebek, K-pk temukan 60 batangan emas murni didalam box!!!,’’ tulis akun Facebook Amalia pada Senin (20/3).

Akun tersebut menyertakan keterangan gambar, thumbnail, dan kolase video. ’’Breaking news. Ruang emas Rafael Digerebek. KPK temukan 60 emas batangan murni didalam box,’’ bunyi keterangannya. Thumbnail gambar memperlihatkan kerumunan orang berada di dalam sebuah ruangan mewah (s.id/RuangEmasRA).

Video berdurasi 11 menit 39 detik itu menyertakan beberapa berita dan informasi yang dibaca oleh narator. Berdasar penelusuran, salah satu informasi yang dibaca itu mengutip portal populis.id yang terbit pada 16 Maret 2023 berjudul Rafael Trisambodo Ketar Ketir, Lubang Rahasia buat Nimbun Emas Batangan di Dalam Rumah Mewah di Jakarta Barat Terbongkar, Nah Loh!.

Ulasan itu salah satunya membahas akun Twitter anonim @logikapolitikid. Akun itu mengklaim mendapat informasi bahwa Rafael menimbun sebagian harta di rumah mewah di Jakarta Barat. Di akhir ulasan, populis.id menyatakan bahwa atas unggahan akun itu belum terbukti kebenarannya. Anda dapat membacanya di s.id/UlasanSatu.

Ulasan kedua dari portal yang sama membahas pandangan mantan Kepala Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) Yunus Husein. Anda bisa membacanya di s.id/UlasanDua.

Sementara itu, foto jelas tidak berkaitan dengan klaim akun Facebook Amalia. Foto tersebut diunggah portal news.detik.com pada 24 Januari 2018 berjudul Sita Dokumen dari Penggeledahan, Honggo Masih Diburu Bareskrim.

Berita mengulas tim Bareskrim Polri menyita sejumlah dokumen dari kediaman tersangka kasus dugaan korupsi kondensat. Anda dapat membacanya di s.id/GledahRumah2018.

FAKTA

Tidak ada bukti kuat penimbunan harta kekayaan berupa 60 emas batangan milik Rafael Alun Trisambodo.

By admin