JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura. Dia memerintahkan program serupa dibangun di banyak daerah.

Jokowi menekankan agar pembangunan bukan hanya Jawasentris. Melainkan Indonesiasentris. “Tanah Papua menjadi prioritas dari pembangunan yang kita lakukan,” ucapnya.

Dia mengapresiasi PYCH yang membuka kesempatan bagi anak muda Papua untuk berkreasi dan berinovasi sehingga dapat mengisi peluang kerja di berbagai bidang. Ada fashion, musik, fotografi, teknologi aplikasi, dan lainnya.

“Ini yang sangat bagus, artinya peluang-peluang itu diisi oleh anak-anak muda kita,” lanjut presiden. Jokowi berharap PYCH tidak hanya memberikan kesempatan kepada generasi muda Papua, tapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dia pun menginstruksikan jajarannya untuk kembali membangun creative hub di sejumlah daerah. Jokowi menyebut NTT, Maluku, atau Aceh. “Mungkin dengan sedikit modifikasi disesuaikan dengan keinginan-keinginan anak muda yang ada di provinsi-provinsi tadi,” ujarnya.

Menurut kepala negara, melalui PYCH generasi muda di tanah Papua memiliki kesempatan yang luas untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas diri. Oleh karena itu, Jokowi ingin agar generasi muda di daerah lainnya memiliki kesempatan yang sama. Presiden juga menyebut bahwa pemerintah akan mendukung secara penuh pembangunan creative hub di sejumlah daerah di tanah air.

’’Ini bukan masalah anggaran, ini karena kita melihat sesuatu yang bagus, yang direspons oleh anak-anak muda dengan sangat cepat, sangat baik, kenapa enggak kita copy ke provinsi yang lain?’’ katanya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyinggung soal pilot Susi Air yang disandera oleh KST. Dia menyatakan bahwa pada Senin (20/3) malam sudah ada pembahasan terkait hal tersebut dengan berbagai pihak. Dia ingin ada langkah hati-hati.

By admin