JawaPos.com – Gedung Papua Youth Creative Hub yang lengkap dengan fasilitas bagi anak muda Papua sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (21/3) di Jayapura, Papua. Presiden Jokowi bersama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan meresmikan gedung PYCH ini untuk menyediakan sarana pengembangan bagi talenta-talenta muda Papua agar ke depan bisa memajukan tanah Papua.

Para menteri ikut hadir dalam peresmian gedung yang akan membawa kebangkitan bagi anak muda Papua itu. Di antaranya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Pria yang akrab disapa Sandi mengatakan gedung PYCH ini membuat bangga masyarakat Papua, khususnya anak-anak muda di sana.

“Ini gedung luar biasa. Dalam waktu sekitar 450 hari, gedung yang berkearifan lokal dibangun dengan cepat dan berkualitas baik bisa dihadirkan masyarakat Papua, khususnya anak muda,” ungkapnya lewat keterangannya, Rabu (22/3).

Sandi mengatakan gedung PYCH ini sangat mendukung ekonomi kreatif karena di dalamnya terdapat UMKM-UMKM yang tumbuh dan berkembang di PYCH Store binaan anak muda Papua “Ini tentu berpengaruh pada ekonomi kreatif. Saya sangat mengapresiasi dan sukses untuk Papua Youth Creative Hub,” katanya.

Sandi berkomitmen kementeriannya akan membantu para UMKM-UMKM dan industri kreatif seperti kriya khas Papua, batik, fashion, dan lain sebagainya. “Kami akan bantu mulai dari pelatihan, pendampingan, pemasaran, hingga perizinan dan pelaporan hak kekayaan intelektual yang tadi sudah didaftarkan. Terakhir pembiayaan. Kami akan bantu dari perbankan atau nonperbankan untuk membantu para pelaku ekonomi kreatif di sini,” katanya.

Sementara itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini juga memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang telah menwujudkan wadah bagi anak muda Papua dalam mengembangkan talenta-talenta mereka.

“Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan karya yang indah untuk anak bangsa di Papua. Sekarang guys, anak muda Papua, kalian punya tempat untuk berkreasi,” kata perempuan yang akrab disapa Risma ini.

Dengan adanya PYCH ini, Risma berharap anak muda Papua bisa membawa nama baik Papua hingga ke penjuru dunia. “Bawa nama Papua, bukan hanya indonesia, melainkan juga seluruh dunia. Selamat berkarya dan selamat untuk perjuangan kalian. Sukses selalu untuk anak muda Papua. Salam,” ucapnya.

By admin