JawaPos.com – Mundurnya Zainudin Amali dari kursi Menteri pemuda dan olahraga (Menpora) menyisakan banyak pertanyaan di publik. Pasalnya, sampai saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengumumkan siapa pengganti politikus Golkar itu.

Wacana, Menpora dari kalangan muda pun mencuat dan menjadi perbincangan. Sejumlah kalangan pun berharap posisi orang nomor satu di kemenpora itu diisi oleh generasi muda. Salah satunya, Sekretaris Jenderal Jaringan Kekerabatan Antropologi Indonesia (JKAI) Rossa Pratiwi.

Apalagi, Presiden Jokowi telah mengumumkann, pengganti posisi kemenpora mendatang sudah pasti dari generasi muda. Namun catatan kritis yang seharusnya direspons adalah figur muda yang mampu menjaga dialektika zaman.

“Pemuda Indonesia cenderung menginginkan kemajuan dipimpin oleh tokoh pemuda memang adalah keharusan. Apalagi yang mampu memahami aktivitas anak muda hari ini. Tapi toh tidak banyak sosok muda yang memiliki dasar kebudayaan yang kuat untuk mampu menjaga ambang batas antara globalisasi dan local wisdom,” ujar Rossa.

Diketahui, Partai Golongan Karya yang telah mengusung tiga kandidat pengganti Menpora, Namun sampai saat ini, Jokowi mengaku belum memutuskan pengganti Zainudin Amali meskipun sudah diusulkan oleh Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Hal ini juga dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Paulus. Ia mengatakan Airlangga sudah menyerahkan tiga nama ke Istana Kepresidenan. Ketiga orang yang diajukan, yaitu Putri Komaruddin, Dito Ariotedjo, dan Ilham Permana.

Putri Komaruddin sebagai anggota Komisi XI DPR RI fraksi Partai Golkar sekaligus Wakil Kepala Bidang Ekonomi dan Keuangan Badan Hubungan Legislatif di Kamar Dagang dan Industri Indonesia, juga tercatat sempat berkarier di bidang olahraga.

Kandidat selanjutnya adalah Dito Ariotedjo yang merupakan salah satu tim ahli Airlangga Hartarto di Kementerian. Ia juga memiliki banyak pengalaman di bidang olahraga. Diantaranya, dipercaya menjadi CDM di Youth Olympic Games 2018 oleh Komite Olimpiade Indonesia (NOC)

Terakhir, ada Ilham Permana yang saat ini menjabat Ketua Umum Pimpinan Pusat Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG). Dalam ranah olahraga, ia kerap menerima jabatan Wakil Ketua Umum II Pengurus Besar Wushu Indonesia.

Meski begitu, mengingat adanya isu reshuffle kabinet, Rossa menuturkan perombakan susunan kabinet itu adalah hak presiden sepenuhnya.

Rossa pun menyarankan nama diluar dari tiga jadi nama yang diusung partai Golkar, bahwa ada banyak anak muda kompeten yang dapt menopang pemuda

“Sebaiknya demi kebaikan kebaikan, pencarian Menteri Pemuds a dan Olahraga tidak terbatas oleh 3 pilihan semata, ada banyak nama anak muda potensial yang bangsa ini miliki,” ujarnya.

By admin