JawaPos.com – Rangkaian kegiatan Ramadan di Masjid Al Akbar dimulai. Selasa (21/3) ratusan pelajar melakukan kirab memutari Masjid Al Akbar. Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa membuka langsung Festival Ramadan Gen Z. Festival tersebut digelar untuk mendekatkan gen Z dengan masjid.

Dengan berpakaian adat Nusantara, ratusan pelajar menggelar kirab. Uniknya, panitia juga membagikan 1.444 kue apem sebagai bentuk syukur. Maklum, tahun ini Ramadan di Masjid Al Akbar digelar berbeda.

Acaranya dikemas untuk menyasar kaum muda. ”Konsepnya dibuat agar mereka dekat dengan masjid,’’ kata Humas Masjid Al Akbar Helmy M. Noor Selasa (21/3) sore.

Dia menuturkan, Festival Ramadan Gen Z itu digelar selama sebulan penuh. Beberapa kajian dan perlombaan diadakan untuk meramaikan Ramadan. ’’Kami ingin anak-anak bisa betah di masjid,’’ kata Helmy.

Selain itu, kegiatan tersebut, lanjut dia, juga diharapkan bisa menumbuhkan kesalehan digital pada generasi penerus. Masjid Al Akbar memiliki tanggung jawab terkait hal tersebut. Karena itu, perlombaan digital bernuansa Islami juga digelar.

By admin