JawaPos.com – Persis Solo akan dijamu PS Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Martapura, Selasa (21/3/2023). Dijamu Laskar Antasari, Persis di bawah komando sang pelatih Leonardo Medina mengintip peluang untuk dapat memetik poin penuh di kandang lawan.

Laskar Sambernyawa hadir di Kalimantan dengan catatan yang cukup baik di dua laga terakhirnya. Imbang 1-1 lawan Arema FC dan menang 3-2 atas RANS Nusantara FC. Itu bakal menjadi modal berharga untuk tim kebanggaan wong Solo.

Namun, tentunya menaklukkan Barito Putera bukan hal yang mudah untuk Persis mengingat tuan rumah dalam gairah yang tinggi usai mencatat dua kemenangan beruntun. Menang 2-1 atas Persebaya Surabaya di laga home dan menaklukkan Dewa United FC di laga tandang menjadi warning bagi Persis.

“Kita fokus pada recovery untuk pertandingan lawan Barito Putera mengingat ada faktor kelelahan. Kita sudah siapkan taktikal untuk dapat memenangi pertandingan lawan Barito Putera,” kata pelatih Persis, Leonardo Medina pada sesi jumpa pers, Senin (20/3/2023).

Hal senada juga diungkapkan oleh bek Persis, Rian Miziar. Menurutnya, Barito Putera tengah dalam performa positif.

“Barito Putera dengan coach Rahmad Darmawan dalam grafik meningkat. Laga nanti tidak hanya taktikal yang menentukan, tapi juga ada faktor mental yang menentukan,” ucap pemain berposisi bek tengah ini.

Dia memastikan timnya akan berjuang keras pada laga nanti. “Kami datang jauh-jauh dari Solo tidak hanya ingin main seri apalagi kalah,” tegas Rian Miziar.

Pada klasemen sementara, Persis kini ada di posisi ke-11 dengan 37 poin. Sedangkan Barito Putera ada di peringkat ke-17 dengan nilai 31.

Sementara Pelatih PS Barito Putera, Rahmad Darmawan, bertekad melanjutkan tren positif tim dalam dua laga terakhir.

Dia berharap kemenangan di dua laga terakhir menjadi tambahan motivasi bagi Bayu Pradana dan kawan-kawan untuk bisa mengamankan tiga poin dari Persis Solo.

“Saya berharap pemain terus menunjukkan motivasi dan semangat yang digelorakan sama seperti pertandingan di match sebelumnya,” kata pelatih yang akrab disapa RD ini.

Sementara soal status sebagai tuan rumah, dia juga berharap pemain tak terbebani dengan target harus menang di hadapan pendukungnya sendiri.

Rahmad Darmawan meminta pemain Barito untuk bermain lepas tanpa beban, karena akan membantu pemain untuk menunjukkan performa terbaiknya di lapangan.

“Dengan kepercayaan diri yang diperlihatkan pemain untuk mereka bermain lepas itu pasti kualitas permainan tim akan sangat terbantu,” ungkap eks pelatih RANS Nusantara FC.

“Jadi tidak usah terbebani dengan apapun, main ya biasa saja yang sesuai dengan mereka yang dilakukan di latihan. Yang pasti saya tentu menginginkan para pemain bisa menikmati pertandingan,” imbuhnya.

Sebelumnya pemain Barito sempat diberikan jatah libur selepas pertandingan terakhir melawan Dewa United.

Libur yang diberikan di masa jeda pertandingan tersebut diharapkan dapat memulihkan kondisi fisik dan psikologis pemain jelang menghadapi Persis.

Lima Pertandingan Terakhir Barito Putera

14/3/2023 Dewa United vs Barito Putera 1 – 2

9/3/2023 Barito Putera vs Persebaya Surabaya 2 – 1

4/3/2023 Persik vs Barito Putera 2 – 0

27/2/2023 Barito Putera vs Persib Bandung 2 – 1

22/2/2023 Persija Jakarta vs Barito Putera 2 – 1

Lima Pertandingan Terakhir Persis Solo

15/3/2023 Persis Solo vs Arema 1 – 1

10/3/2023 RANS vs Persis Solo 2 – 3

5/3/2023 PSM Makassar vs Persis Solo 3 – 2

27/2/2023 Bali United vs Persis Solo 3 – 1

21/2/2023 Persis Solo vs PSS Sleman 4 – 1

Pertemuan Barito Putera vs Persis Solo

14/12/2022 Persis Solo vs Barito Putera 0 – 0

By admin