JawaPos.com – Persija Jakarta melepas enam penggawanya ke timnas senior dalam periode FIFA matchday. Berdasarkan surat dari PSSI tertanggal 14 Maret 2023 dengan nomor 961/AGB/154-III-2023, mereka diproyeksikan mengikuti pemusatan latihan di Jakarta pada 20-29 Maret 2023.

Enam pemain tersebut adalah Muhammad Ferarri, Syahrian Abimanyu, Hansamu Yama Pranata, Dony Tri Pamungkas, Riko Simanjuntak, dan Witan Sulaeman.

Timnas direncanakan akan melakukan pertandingan FIFA matchday melawan timnas Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023.

Dari daftar enam nama tersebut, ada satu nama yang mencuri perhatian, yaitu Dony Tri. Pemain muda yang mempunyai posisi sebagai gelandang sayap kiri itu untuk pertama kalinya mendapat kepercayaan untuk bergabung ke dalam timnas senior.

Dony sebelumnya banyak mengorbit di timnas U-20. Dia melakukan debut di timnas U-20 saat mengalahkan Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/9/2022) malam dengan skor telak 4-0.

“Saya sangat bersyukur bisa mendapatkan kesempatan ini. Tentu saja saya tidak menyangka mendapat panggilan dari timnas senior,” tutur pemain kelahiran Boyolali 18 tahun lalu itu.

Dony mengharapkan bisa mendapat banyak pelajaran di timnas level senior itu. Dirinya pun siap memberikan yang terbaik.

“Dengan kesempatan ini, pastinya saya akan belajar banyak dari senior-senior lainnya. Saya pun mau memberikan semua yang bisa saya berikan selama bersama timnas senior nanti,” kata Dony.

Sementara Riko Simanjuntak menjadi satu dari enam pemain Persija yang dipanggil timnas Indonesia.

Pemanggilan timnas senior kali ini menjadi yang pertama sejak tiga tahun terakhir. Sebelumnya, Riko terakhir kali membela timnas pada 15 Oktober 2019. Saat itu dirinya menjadi starter dalam laga vs Vietnam di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, di mana Indonesia kalah 1-3.

Riko mengungkapkan rasa bangganya kembali berlatih dengan lambang Garuda di dada. “Setiap pemain sepak bola pasti punya impian menjadi pemain tim nasional,” ucap Riko.

“Berangkat dari impian itu, di setiap kompetisi bersama Persija saya selalu bekerja keras dan mengeluarkan kemampuan terbaik,” katanya melanjutkan.

Riko sebenarnya tak menyangka dirinya masuk dalam daftar panggil timnas. Jadi, kesempatan ini tak akan dia sia-siakan. Dirinya bakal menampilkan kemampuan terbaiknya dalam pemusatan latihan.

“Saat ini saya menjadi orang yang beruntung, karena kembali dipanggil untuk memperkuat tim nasional,” tutur Riko.

“Tentu saya akan berusaha dan bekerja keras untuk menjalankan taktik dan strategi yang diinginkan Coach. Saya akan memberikan segalanya untuk timnas,” ujarnya lagi.

By admin