JawaPos.com – Pembicaraan tentang quadruple (empat gelar) mungkin terlalu dini, tetapi tidak diragukan lagi kemajuan yang dibuat Erik ten Hag sejak mengambil alih posisi sebagai pelatih Manchester United.

Tempat ketiga di Liga Premier – dan kembali ke Liga Champions – tampaknya menjadi milik mereka saat ini. Sementara Piala Liga Inggris musim ini sudah ada di lemari trofi, dan mungkin tambahan dua trofi lagi (Piala FA dan Liga Europa) sebelum musim pertama pelatih asal Belanda itu selesai. Keberadaan Ten Hag membuat Man United kembali tajam.

Sebagian besar kemajuan Setan Merah berasal dari kerja bagus yang dilakukan Ten Hag dan timnya di jendela transfer musim panas setelah mengambil kendali dari Ralf Rangnick pada Mei 2022.

Casemiro, Lisandro Martinez, Christian Eriksen, Tyrell Malacia, dan Antony semuanya terdaftar dan semuanya telah membuat tanda di Old Trafford musim ini. Casemiro dan Martinez secara khusus telah memberi Man United keunggulan dalam pertahanan, pukulan buruk yang dialami Man United setelah pensiunnya Sir Alex Ferguson.

Sementara Eriksen membawa kelas dan ketenangan di lini tengah sebelum cedera baru-baru ini, sedangkan Malacia adalah deputi yang sangat piawai untuk Luke Shaw di bek kiri. Antony mendapat kecaman dari beberapa orang sebelumnya, tetapi tidak ada yang mempertanyakan bakatnya saat ini. Antony mencetak beberapa gol penting untuk klub.

Walau rutinitas transfer yang masuk terbilang cerdas pada 2022, dan berencana menambah penyerang kelas wahid di bursa transfer musim panas nanti, Ten Hag tetap harus menjual beberapa pemain untuk terus maju dalam persaingan musim depan.

Man United memang menjual pemain mereka musim panas lalu, seperti Nemanja Matic dan Juan Mata yang sudah melewati puncaknya dan kontrak mereka yang telah habis. Mereka juga melepas Andreas Pereira yang dijual ke Fulham, melepas Edinson Cavani dengan status bebas transfer. Begitu pula dengan Paul Pogba ke Juventus, dan Jesse Lingard berangkat ke Nottingham Forest.

Kemudian keluarnya Cristiano Ronaldo secara mengejutkan terjadi pada November 2022. Ten Hag tampaknya menguasai skuadnya, di mana dirinya lebih memilih pemain yang lebih muda dan lapar akan prestasi, walau dilengkapi dengan pengalaman Casemiro, Eriksen, dan Raphael Varane.

Tapi, mereka juga harus menambal skuad Setan Merah usai melepas beberapa masalah musim panas lalu. Ten Hag harus mengatasinya di bursa transfer musim panas nanti.

Alex Telles dan Eric Bailly keduanya dipinjamkan, masing-masing ke Sevilla dan Marseille, dan kepindahan permanen untuk mereka sekarang harus ditemukan penggantinya.

Hal yang sama mungkin berlaku untuk Dean Henderson, sepertinya dia bukan pewaris jangka panjang untuk David de Gea di bawah mistar gawang Setan Merah. Henderson bahkan tidak masuk skuad Nottingham Forest ketika dia kembali dari cedera.

Sementara kontrak David de Gea bakal habis di musim panas dan masih belum diperpanjang. Kiper asal Spanyol itu bisa dibebaskan jika Ten Hag berani mengubah posisi kiper ke depannya.

Paling krusial ketika memilih antara menjual Harry Maguire atau Victor Lindelof. Salah satu dari mereka harus bergabung dengan Telles, Bailly, Phil Jones, dan Brandon Williams untuk pergi musim panas ini. Man United sepertinya tengah mempertimbangkan perekrutan bek tengah yang lebih muda untuk mendukung Varane dan Martinez.

Lalu, ada Anthony Martial yang penuh teka-teki. Kebugaran dan performa pemain Prancis itu kerap bermasalah, dan Man United tidak bisa selalu mengandalkannya di lini depan.

Martial dan Anthony Elanga sama-sama bisa pindah pada musim panas ini, untuk memberi ruang bagi penyerang tengah papan atas yang sangat dibutuhkan Ten Hag. Sementara Donny van de Beek adalah pemain lain yang waktunya sudah pasti habis di Old Trafford.

Laporan terbaru mengklaim Man United telah mengidentifikasi enam pemain yang ‘dapat dijual’ untuk dikirim musim panas ini, tetapi pada kenyataannya bisa jadi ada beberapa lagi.

“Saya pikir klub ini harus selalu memiliki pendekatan bahwa setiap hari Anda harus menjadi lebih baik jadi jika ada peluang untuk menjadi lebih baik, maka Anda harus menyerang,” ucap Ten Hag.

Itu berlaku untuk menjual pemain serta membeli mereka. Ini adalah tugas yang cukup besar, tetapi Anda menduga Ten Hag akan mendekati dengan senang hati walau terkesan kejam.

By admin