JawaPos.com – Gaya hidup keluarga pejabat negara belakangan ini menjadi sorotan publik. Hal ini setelah memamerkan harta kekayaannya di media sosial.

Istri mantan Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto, Winny Charita pun dan juga istri Kabareskrim Komjen Agus Andrianto, Evi Celiyanti turut menjadi sorotan publik, lantaran memamerkan hidup mewah di media sosial.

Pengamat kepolisian dari Founder Institute for Security and Strategic Studies (Bambang Rukminto menilai, pamer kemewahan yang dilakukan oleh istri para pejabat Polri akan terus terulang. Pasalnya, teguran terhadap mereka sejauh ini hanya sekadar imbauan, tanpa diiringi dengan sanksi yang tegas.

“Hanya sekedar imbauan-imbauan tak berarti, yang dampaknya hanya sesaat,” kata Bambang kepada wartawan, Senin (20/3).

Bambang menyatakan, sanksi tegas harus diberikan bagi pejabat negara khususnya anggota Polri yang bergaya hidup mewah. Hal ini semata menjaga citra Polri di mata publik.

“Setelah tak ada sorotan publik, pamer kemewahan itu akan terulang lagi,” tegas Bambang.

Gaya hidup mewah Winny Charita, istri dari mantan Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto heboh di media sosial. Winny dikabarkan menampilkan beberapa barang mewah miliknya.

Harta Kekayaan Agung Budi Maryoto, terakhir menyampaikan LHKPN pada
2007. Agung Budi Maryoto tercatat memiliki harta kekayaan senilai Rp 1,9 miliar yang dilaporkan saat dirinya menjabat sebagai Kapolresta Kota Jogjakarta.

Agung tercayat memiliki harta berupa alat transporatasi dan mesin yang terdiri dari mobil Toyota Innova, Toyota Harier, dan Honda CBR 150.

Selain itu, dirinya memiliki aset tanah dan bangunan senilai Rp 931 juta di Depok dan Jogjakarta. Agung juga memiliki logam mulia dengan harga Rp 128 juta dan giro sebesar Rp 390 juta.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, pimpinan Polri telah menyampaikan kepada seluruh anggotanya agar tidak bergaya hidup mewah atau hedon termasuk juga keluarganya.

“Bahwa berkali-kali pimpinan Polri baik Kapolda maupun Kapolres, sudah meneruskan kepada jajaran agar tidak berhidup mewah, kita tidak boleh bergaya hidup hedon,” pungkas Ramadhan, Jumat (17/3).

By admin