JawaPos.com–Animation and Film Factory (AFF) Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari menerima kunjungan dari penggiat dunia perfilman Australia Barat yang tergabung dalam delegasi Screenwest.

Setelah beberapa kali melakukan pertemuan virtual selama masa pandemi, delegasi Screenwest bertemu dengan pekerja kreatif di bidang film dan animasi di bawah naungan di KEK Singhasari, Malang.

Delegasi Screenwest ditemui Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak. Dalam diskusinya, Chris Veerhuis selaku Head of Productions dari Screenwest memaparkan ketertarikan terhadap Jawa Timur. Rencananya, Jawa Timur dijadikan sebagai lokasi shooting film-film Australia Barat yang diproduksi pada masa depan.

Menurut Veerhuis, Jawa Timur memiliki alam yang sangat indah. Selain itu, sumber daya manusia (SDM) di bidang industri kreatif juga sangat ahli.

”SDM Jawa Timur bisa berkolaborasi dengan pekerja kreatif di Australia Barat,” tutur Veerhuis. Wakil Gubernur Emil Dardak menyampaikan, acara sharing session dan creative conversation itu adalah kelanjutan dari rencana besar Animation and Film Factory (AFF) di KEK Singhasari. Yang masuk dalam kancah perfilman internasional.

Saat ini, lanjut Emil, AFF sudah memulai diskusi dan melakukan kolaborasi dengan negara-negara luar. Seperti Amerika Serikat, Inggris, dan terutama Australia.

”Desember 2022, sudah ada beberapa sutradara film dokumenter Australia yang terlebih dahulu memberikan masterclass di bidang perfilman,” terang Emil.

Politikus Demokrat itu mengungkapkan, Australia khususnya Australia Barat menjadi episentrum perfilman dan performing arts. WAAPA (Western Australian Academy of Performing Arts) di kampus Edith Cowan University (ECU) adalah institusi pendidikan performing arts yang paling terkenal di Australia.

”Aktor seperti Hugh Jackman adalah lulusan dari WAAPA,” imbuh Emil.

Direktur Utama PT Intelegensia Grahatama selaku BUPP KEK Singhasari David Santoso baru kembali dari Australia Barat. Tujuan kunjungan itu sebagai balasan dan bertemu dengan beberapa delegasi industri perfilman Australia Barat.

Selain itu, David juga menandatangani letter of intent (LoI) antara KEK Singhasari dengan Western Australia Creative Tech Innovation Hub, Edith Cowan University (ECU), yang diwakili Rektor ECU Prof Codie sebagai pelaksana dari WA Creative Technology Innovation Hub (WACTIH).

Disaksikan dua menteri dari Pemerintah Australia Barat, Menteri Inovasi dan TIK Hon Stephen Dawson MLC dan Menteri Pembangunan Regional Hon Don Punch MLA. Kegiatan berlangsung di Dolphin Discovery Center Bunbury.

By admin